PENGARUH KOMUNIKASI, KEDISIPLINAN, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SIANTAR TOP, TBK MEDAN

Dina Octavia

Abstract


Globalisasi sekarang ini mengharuskan manusia agar senantiasa bersiap dalam menghadapi persaingan dan juga perubahan di tingkat internasional. Terdapat beragam faktor yang berpengaruh pada kinerja sumber daya manusia, di antaranya ialah disiplin. Permasalahan disiplin akan menentukan kinerja karyawan. Bekerja di perusahaan yang bergerak di industri makanan membutuhkan konsistensi disiplin. Kurangnya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dapat mempengaruhi kinerja karyawan, sebab ini nantinya memberi pengaruh pula pada keberlangsungan operasionalisasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan dan keselamatan dan kesehatan kerja  terhadap kinerja karyawan PT. Siantar Top, Tbk Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda menggunakan instrument pengumpulan data kuesioner terhadap sampel penelitian sebanyak 200 karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penga pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja dengan kinerja karyawan di PT Siantar Top, Tbk Medan dengan nilai thitung 3,177>1.97 dan 7,706>1.97 serta signifikansi 0.00<0.05. Saran penelitian diharapkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui peningkatkan kedisiplinan kerja dan penerapan K3. Sebaiknya dilakukan pemberian edukasi kepada karyawan terhadap pemahaman dan penerapan K3 pada saat bekerja. Peningkatan pelaksanaan evaluasi karyawan melalui program 3R yang sudah diterapkan untuk menyesuaikan kinerja dan kemampuan karyawan dalam bekerja sesuai target pada masing-masing departemen yang ada.


Keywords


Kinerja Karyawan, Disiplin Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Full Text:

PDF

References


Hartono, U. F. & S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. 185(1), 4–8. https://doi.org/10.1016/0014-5793(85)80729-8

Hasibuan, M. (2018). Pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.

Irham Fahmi. (2017). Manajemen sumber daya manusia (Alfabeta (ed.)).

Irwanto, T., & Melinda, T. F. (2016). Pengaruh Kinerja Pegawai dan Disiplin Dan Motivasi Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(2).

Ismail, I. (2016). Pengaruh Kelengkapan Alat Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan Lapangan PT. PLN persero Pamekasan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Malayu. (2016). Manajemen sumber daya manusia (Alfabeta (ed.)).

Mangkunegara, A. A. A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.

Margolang, N. (2018). Pemberdayaan Masyarakat. Dedikasi: Journal of Community Engagment, I(2), 87–99. https://doi.org/10.31227/osf.io/weu8z

Rahayu, I. D., Al Musadieq, M., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja (Studi Pada Karyawan Tetap Maintenance Department PT Badak Lng Bontang). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 1–9.

Ratriwardhani, R. A., & Ayu, F. (2020). Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pekerja Bangunan CV. Jala Reka. Prosiding SEMADIF, 1.

Redjeki, S. (2016). Kesehatan dan keselamatn kerja. 148, 148–162.

Rozarie, C. R. D., & Indonesia, J. T. N. K. R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sinambela. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Siregar, M. M. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Rekrutmen Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Pemasaran Pt. Bhinneka Life Indonesia Cabang Medan. 6–24.

Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusi. Yrama Widya.

Suryawan, K. B. ., Rio, R., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pt. Pandawa Surya Sentosa D. Jurnal Administrasi Publik, 4(61).

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja Edisi kelima. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Dewi, K. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. TASPEN (PERSERO) KCU MEDAN. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Fadillah Annisa, (2021). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan, Tugas Akhir. Stim Sukma

Pratama, R. R. (2017). Pengaruh Pemberian Kompensasi dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Penjualanan di PT ALFA SCORPII MEDAN. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Maulana, K. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhdap Kinerja Karyawan Pada PT. JOHOR SEMAYANG BERJAYA. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Pangestika, W. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Arma Anugrah Abadi (Aroma Bakery & Cake Shop Medan). Skripsi Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v12i1.12570

Article Metrics

 Abstract Views : 205 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License