Implementasi Program kartu Prakerja di Kabupaten Mandailing Natal

Zakiah Nasution, Abdullah Akhyar Nasution, Muhammad Bin Abubakar, Zulhilmi Zulhilmi

Abstract


Implementasi Program Kartu Prakerja Dalam Mengatasi Pengangguran Di Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi Program Kartu Prakerja dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Mandailing Natal serta mendeskripsikan dampak Program Kartu Prakerja terhadap pengangguran di Kabupaten Mandailing Natal. Adapun masalah yang timbul yaitu implementasi dari program Prakerja ini tidak efektif menyelesaikan permasalahan pengangguran khususnya di Kabupaten Mandailing Natal. Dalam menjelaskan hasil penelitian disesuaikan dengan teori dari George Edward wilson yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan pertama komunikasi ialah kurangnya sosialisasi dan pendampingan kepada peserta program Kartu Prakerja di Kabupaten Mandailing Natal. Kedua Sumber daya, segi sumberdaya manusia yang ditugaskan untuk mengawal program Kartu Prakerja ini untuk mencapai tujuannya di Kabupaten Mandailing Natal belum memiliki kompetensi dan keterampilan sesuai apa yang dibutuhkan program ini. Ketiga disposisi atau sikap pelaksana, kurangnya komitmen dari pelaksana program Kartu Prakerja di Kabupaten Mandailing Natal yaitu dinas ketenagakerjaan Kabupaten Mandailing Natal untuk menjalankan peran yang telah ditetapkan dalam Perpres Nomor 36 tahun 2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program Kartu Prakerja. Dampak Program Kartu Prakerja terhadap pengangguran di Kabupaten Mandailing Natal yaitu metode pelatihan yang kurang efektif untuk meningkatkan kompetensi kerja peserta program dan sertifikat pelatihan yang didapat dari program ini belum cukup membantu peserta program untuk diterima kerja pada saat melamar pekerjaan.


Keywords


Implementasi, Program, Kartu Prakerja, Mandailing Natal.

Full Text:

PDF

References


Ashman, R. M. (2015). An Old Modey for a New Age: Consumer Decision Making in Participatory Digital Culture. Journal of Customer Behaviour, Volume.14, No.2, 5- 14.

Khoirurrosyidin, T. P. (2020). Mengkaji Upaya Pemerintah Melalui Program Kartu Prakerja dalam Perspektif Pemberdayaan di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Govermment and Political Studies, Volume 3, No.2, 8-10.

Khoirurrosyidin, T. P. (2020). Mengkaji Upaya Pemerintah Melalui Program Kartu Prakerja dalam Perspektif Pemberdayaan di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Goverment and Political Studies, Volume.3, No.2, 1-28.

Palmira Permata Bachtiar, d. (2020). Kartu Prakerja di Tengah Pandemi Covid 19: Asesmen Cepat Dari Sudut Pandang Peserta Program. Jurnal Smeru, Volume.03, No.3, 1- 23.

Permata, C. Q. (2021). Analisis Kebijakan Kartu Pra kerja Terhadap Pekerja Yang di PHK Untuk Menanggulangi Pengangguran di Indonesia. Jurnal Retrieval, Volume.1, No.1, 28-30.

Yalia, M. (2014). Implementasi Kebijakan Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Sosial Media Tradisional di Jawa Barat. Patanjala, Volume.6, No.1, 6




DOI: https://doi.org/10.29103/jtp.v3i2.15190

Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transparansi Publik (JTP) EISSN: 2809-1310 Flag Counter