Relasi Islam dan Politik di Berbagai Negara Muslim

M. Rizwan, Taufik Abdullah, Mulyadi Mulyadi, Naidi Faisal

Abstract


Studi tentang relasi Islam dan politik berusaha untuk memahami peran agama dalam politik dan peran politik dalam agama, terutama dalam konteks negara bangsa. Implementasi relasi Islam dan negara terbagi dalam paradigma. Ketiga paradigma tersebut meliputi relasi integralistik, sekuleristik dan simbiotik. Dalam pelaksanaannya, ketiga paradigma ini dijalankan secara berbeda oleh banyak negara muslim. Hasil tinjauan terhadap berbagai literatur studi Islam dan politik di berbagai negara menunjukkan adanya keberbagaian varian dalam setiap paradigma. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor sejarah, dampak kolonialisme, sistem politik, budaya dan konfigurasi politik di negara-negara tersebut. Tidak mudah bagi negara berpenduduk muslim untuk menetapkan satu varian secara murni karena faktor-faktor tersebut. Bentuk implementasi setiap paradigma menunjukkan bahwa relasi Islam dan negara terus akan berkembang sesuai dengan perkembangan dinamika politik. Negara muslim sekuler bisa membuka ruang bagi munculnya peran agama karena desakan warganya yang semakin religius. Demikian juga negara Islam bisa membatasi aktivitas Islam politik jika mengarah pada radikalisme.

Keywords


Islam, negara, integralistik, sekularistik, simbiotik.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, & S. J. Merliyana, (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 974-980.

Ahmed, M. & S. M. Sharif, (1963). Islamic Aspects of The New Constitution of Pakistan. Islamic Studies, 2(2), 249–286. http://www.jstor.org/stable/20832686

Al-Moqatei, M. (1989). Introducing Islamic Law in the Arab Gulf States: A Case Study of Kuwait. Arab Law Quarterly, 4(2), 138–148. https://doi.org/10.2307/3381805.

Dillioğlu, B. (2019). Religious Institutions within Secular States: The Case Study of Islamic Community of Bosnia-Herzegovina. KNOWLEDGE-International Journal, 35(6), 2043-2049.

Domo A. A., N.Bachtiar & Zarkasih, Z. (2018). Revolusi Sosial Masyarakat Turki: Dari Sekularisme Attatur Menuju Islamisme Erdogan. Sosial Budaya, 15 (2), 83-90.

E. Pettigrew, (2019). The History of Islam in Mauritania. In Oxford Research Encyclopedia of African History.

Ergun, A. & Çitak, Z. (2020). Secularism and National identity in post-Soviet Azerbaijan. Journal of Church and State, 62 (3), 464-485.

Gavahi, A. (2007). The Role of Religion in the Constitution of Iran. the Sixth Session of Dialogue Between Abrahamic Religions, Lisbon, December, 6-8.

Handayani, F. (2009). Konsep Kebebasan Beragama Menurut UUD Tahun 1945 Serta Kaitannya dengan HAM. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 1(2), 218-231.

Hidayat, S. (2005). Mengislamkan Negara Sekuler. Kencana.

https://ugm.ac.id/id/berita/16888-mahfud-md-tegaskan-indonesia-bukan-negara-agama/.

Ibrahim, B. M.,Arifin, & S. Z. Abd Rashid, (2015). The Role of Fatwa and Mufti in Contemporary Muslim Society. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 23.

Jazexhi, O. (2018). Albania. In Islamic Leadership in the European Lands of the Former Ottoman and Russian Empires (pp. 45-67). Brill.

Kuru, A. T. (2008). Secularism in Turkey: Myths and Realities. Insight Turkey, 10 (3), 101–110. http://www.jstor.org/stable/26330794

Mallarangan, H. (2008). Pembaruan Hukum Islam dalam Hukum Keluarga di Indonesia. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 5(1), 37-44.

Morfit, M. (1981). Pancasila: The Indonesian State Ideology According to the New Order Government. Asian Survey, 21(8), 838–851. https://doi.org/10.2307/2643886

Müller, D. M. (2018). Islamic Authority and the State in Brunei Darussalam. Kyoto Review of Southeast Asia, 23.

Putra, J. S. (2021). Brunei Darussalam dan Falsafah Melayu Islam Beraja. Guepedia.

Ramazani, R. K. (1980). Constitution of the Islamic Republic of Iran. Middle East Journal, 34 (2), 181–204. http://www.jstor.org/stable/4326018.

Rentz, G. (2019). The Saudi Monarchy. In King Faisal and the Modernisation of Saudi Arabia (pp. 15-34). Routledge.

Rizkianto A., (2022). Falsafah Pancasila Sebagai Basis Pengembangan Dakwah Islam. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 69-94.

Samir, S & M. H. Basyar, (2022). Kegagalan Demokratisasi Di Mesir Pasca-Arab Spring. Jurnal Penelitian Politik, 18(2), 159-172.

Saravanamuttu, J. (2010). Malaysia: Multicultural society, Islamic State, or What?. In State and Secularism: Perspectives from Asia (pp. 279-300).

Saunders, G. (2013). A History of Brunei. Routledge.

Seaman, B. W. (1979). Islamic Law and Modern Government: Saudi Arabia Supplements the Shari'a to Regulate Development. Colum. J. Transnat'l L., 18, 413.

Sinaga, M. H. S. , A. Maulana, I. Akbar, M. A. Lubis, H. Haikal, & R. M.Siregar, (2022). Peran Kementrian Agama dalam Moderasi Beragama. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 21-25.

Sodiqin, A. & Radiamoda, A. M. (2021). The Dynamics of Islamic Constitution: From the Khilafah Period to the Nation-State. J. Islamic L., 2, 138.

Sonjaya, A. & B. R. Diningrat, (2023). Relasi Agama dan Politik di Indonesia. JCIC: Jurnal CIC Lembaga Riset dan Konsultan Sosial, 5(1), 21-28.

Rowe, W. (2016). Cultural Muslims: The Evolution of Muslim Identity in Soviet and Post-Soviet Central Asia. In Geographies of Muslim Identities (pp. 141-164). Routledge.

Supriadi, C. (2015). Relasi Islam dan Negara: Wacana Keislaman dan Keindonesiaan. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 199-221.

Tong, L. C. (2007). PAS Politics: Defining an Islamic state. In Politics in Malaysia (pp. 117-147). Routledge.

Van Eijk, E. (2010). Sharia and National Law in Saudi Arabia. Sharia Incorporated: A Comparative Overview of the Legal systems of Twelve Muslim Countries in Past and Present, 139-180 dan

Vogel, F. E. (2000). Islamic Law and the Legal System of Saudi: Studies of Saudi Arabia (Vol. 8). Brill.

Waardenburg, J. (1997). Politics and Religion in the Balkans. Islamic Studies, 36(2/3), 383–402. http://www.jstor.org/stable/23076202

Weatherbee, D. E. (1985). Indonesia: The Pancasila State. Southeast Asian Affairs, 133–151. http://www.jstor.org/stable/27908524

Weiss, A. M. (Ed.). (1986). Islamic Reassertion in Pakistan: The Application of Islamic laws in a Modern State. Syracuse University Press.

Witro, D. (2020). Ulama and Umara in Government of Indonesia: A Review Relations of Religion and State. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 24 (2), 135-144.

Zaman, M. Q. (2018). Islam in Pakistan: A history (Vol. 88). Princeton University Press.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtp.v3i2.15132

Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transparansi Publik (JTP) EISSN: 2809-1310 Flag Counter