PEMBUATAN INDIKATOR ASAM BASA ALAMI DARI DAUN JATI MUDA (TECTONA GRANDIS LINN.F) DENGAN PELARUT ETANOL

Liza Maulina, Jalaluddin Jalaluddin, Syamsul Bahri

Abstract


Indikator alami adalah indikator yang berasal dari bahan-bahan alami yang telah diekstrak yang digunakan untuk mengetahui tingkat asam basa atau pH suatu larutan. Daun jati muda digunakan sebagai indikator asam basa alami dengan tujuan untuk mengurangi pemakaian indikator asam basa sintesis yang menyebabkan dapat mengurangi potensi polusi lingkungan dan hemat biaya. Pembuatan indikator asam basa alami dari ekstrak daun jati muda dengan cara daun jati muda dipotong menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian diekstrak dengan menggunakan pelarut etanol 96% dengan variasi suhu ekstraksi 30 oC, 40 oC, 50 oC, dan 60oC dan variasi waktu ektraksi 1 jam, 2 jam, 3 jam, dan 4 jam. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa daun jati muda terdapat zat antosianin yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa alami, pH tertinggi yang diperoleh terdapat pada suhu ekstraksi 30 oC dengan waktu ekstraksi 3 jam, nilai absorbansi terbaik diperoleh pada suhu ekstraksi 30 oC dengan waktu ekstraksi 3 jam yaitu 3,669, nilai titrasi tertinggi dengan menggunakan HCl diperoleh pada suhu ektraksi 60 oC dengan waktu ekstraksi 4 jam yaitu 10,2 ml, nilai titrasi tertinggi dengan menggunakan NaOH diperoleh pada suhu ektraksi 60 oC dengan waktu ekstraksi 4 jam yaitu 10,8 ml, dan kertas lakmus hasil perendaman dengan ekstrak daun jati muda diperoleh hasil bahwa kertas lakmus yang berwarna merah muda  apabila dicelupkan kedalam larutan asam tetap berwarna merah dan apabila dicelupkan ke larutan basa maka akan berubah berwarna hijau kecoklatan. Indikator asam basa alami dari daun jati muda yang diekstrak dipengaruhi oleh suhu dan waktu ekstraksi.


Keywords


Daun jati muda, Ekstraksi, Indikator asam basa, Suhu, dan Waktu

Full Text:

PDF

References


Ati, Neltji Herlina. 2006. “The Composition And The Content Of Pigments From Some Dyeing Plant For Ikat Weaving In Timorrese Regency , East Nusa Tenggara.” 6(3): 325–31.

K, Didi Suardi. “Potensi Beras Merah Untuk Peningkatan Mutu Pangan.” (3): 93–100.

Kembaren, Riahna br. 2013. “Ekstraksi Dan Karakterisasi Serbuk Nano Pigmen Dari Daun Tanaman Jati (.” : 1–6.

Mahfudz. 2014. “Tanaman Jati Pada Hutan Rakyat Development Of Vegetative Propagation Technology Of Teak Plant In.” : 39–44.

Marwati, Siti. “Aplikasi Beberapa Ekstrak Bunga Berwarna Sebagai Indikator Alami Pada Titrasi Asam Basa.”

Pratama, Yosi. 2013. Pemanfaatan Ekstrak Daun Jati ( Tectona Grandis Linn. f. ) Sebagai Indikator Titrasi Asam-Basa.

Virliantari, Dela Astria, Annisa Maharani, and Ukhti Lestari. 1846. “Pembuatan Indikator Alami Asam-Basa dari Ekstrak Kulit Bawang Merah ( Allium Ascalonicum L .).” : 1–6.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v11i1.7244

Article Metrics

 Abstract Views : 11921 times
 PDF Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Liza Maulina, Jalaluddin Jalaluddin, Syamsul Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats