PENGARUH WAKTU DAN SUHU PEREBUSAN PADA UMBI PORANG (AMORPHOPHALLUS MUELLERI BLUME) MENGGUNAKAN LARUTAN NaHCO3 TERHADAP PENURUNAN KADAR KALSIUM OKSALAT

Eka Sri Astuti, Suryati Suryati, Syamsul Bahri, Masrullita Masrullita, Meriatna Meriatna

Abstract


Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) merupakan salah satu tanaman yang potensial digunakan untuk bidang medis, industri serta pangan. Porang memiliki kandungan glukomanan yang tinggi. Selain mengandung senyawa glukomanan, umbi porang juga mengandung senyawa kalsium oksalat. Kalsium oksalat pada umbi porang dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada lidah saat dikonsumsi serta dapat menyebabkan gangguan ginjal bila dikonsumsi berlebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan kadar kalsium oksalat dengan metode perebusan dalam larutan NaHCO3, dengan variasi suhu dan waktu perebusan,  sehingga dapat menaikkan kadar glukomanan pada tepung porang. Metode yang digunakan dalam penentuan kadar kalsium oksalat adalah titrasi permanganometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar glukomanan tertinggi yang diperoleh pada suhu 80⁰C dengan waktu 70 menit yaitu sebesar 84,98%, kemudian hasil kadar air paling rendah yaitu sebesar 1,42% pada suhu dan waktu reaksi yang sama, kemudian untuk hasil kadar abu pada umbi porang diperoleh nilai sebesar 3,99% dengan waktu 70 menit dan suhu 80⁰C dan penurunan kadar kalsium oksalat pada tepung porang yang paling baik diperoleh  pada proses perebusan dengan suhu 80⁰C yang dilanjutkan dengan waktu 70 menit sebesar 48,6 mg/100 gram. Penurunan kadar kalsium oksalat pada tepung porang ini sudah aman untuk dikonsumsi karena sudah memenuhi ambang batas yang dianjurkan yaitu sebesar 71 mg/100 gram.

Keywords


Umbi porang, Kalsium oksalat, Glukomananan, Perebusan, dan NaHCO3.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., & Arizal, R. (N.D.). Ekstraksi Glukomanan Dari Tepung Porang ( Amorphophallus Muelleri Blume ) Dengan Etanol Extraction Of Glucomannan From Porang ( Amorphophallus Muelleri Blume ) Flour Using Ethanol Ekstraksi Glukomanan Dari Tepung Iles-Iles Kuning … ( Nurlela , Dkk .).

Dengan, A., & Titrasi, M. (2019). Analisis Kadar Kalsium Oksalat Pada Tepung Dalam Larutan Asam. 5(2).

Ftir, M., Nmr, S. E. M. D. A. N., & Faridah, A. (2014). Identifikasi Porang Glukomanan Hasil Optimasi Ekstraksi. 8(2).

Pasaribu, G., Hastuti, N., Efiyanti, L., Waluyo, T. K., & Pari, G. (2019). Optimasi Teknik Pemurnian Glukomanan Pada Tepung Porang ( Amorphophallus Muelleri Blume ) ( The Glucomannan Purification Tecniques Optimation Of Porang ( Amorphophallus Muelleri Blume ) Flour ). 37(3), 201–208.

Penelitian, C., Dewi, S. K., Dwiloka, B., & Setiani, B. E. (2017). Pengurangan Kadar Oksalat Pada Umbi Talas Dengan Penambahan Arang Aktif Pada Metode Pengukusan. 6(2), 2–5.

Saputro, E. A., Lefiyanti, O., & Mastuti, E. (2014). Pemurnian Tepung Glukomanan Dari Umbi Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Menggunakan Proses Ekstraksi/ Leaching Dengan Larutan Etanol. Simposium Nasional, 7–13.

Sitompul, M. R., & Suryana, F. (2018). Ekstraksi Asam Oksalat Pada Umbi Porang (Amorphophallus Oncophyllus) Dengan Metode Mechanical Separation. March, 1–4. Https://Doi.Org/10.12962/J23373539.V7i1.28831

Wardani, R. K., & Arifiyana, D. (2021). Pengaruh Lama Perendaman Dan Suhu Larutan Jeruk Nipis Terhadap Kadar Kalsium Oksalat Pada Umbi Porang. Journal Of Research And Technology, Vii(2460), 1–8.

Widari, N. S., & Rasmito, A. (2018). Penurunan Kadar Kalsium Oksalat Pada Umbi Porang (Amorphopallus Oncophillus) Dengan Proses Pemanasan Di Dalam Larutan NaCl 13(September), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v11i1.7243

Article Metrics

 Abstract Views : 1199 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Sri Astuti, Suryati Suryati, Syamsul Bahri, Masrullita Masrullita, Meriatna Meriatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats