Strategi Pengrajin Tepas Bambu Gampong Buket Teukuh Kabupaten Bireuen Mempertahankan Keberlangsungan Usaha

Lisa Iryani, Poppy Suzanna, Sufi Sufi

Abstract


Para pengrajin tepas bambu di Gampong Buket Teukuh Kabupaten Bireuen masih menjalan roda usaha mereka secara tradisional. Praktis tidak banyak inovasi yang dilahirkan dari kerajinan tepas bambu, sedangkan modal usaha yang dimiliki sangat terbatas. Minimnya program-program pemberdayaan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah dan pemerintah desa terhadap para pengrajin membuat usaha ini jalan di tempat. Penelitian kualitatif ini menggambarkan bahwa selama ini para pengrajin tepas bambu di Gampong Buket Teukuh memiliki strategi dalam mempertahankan keberlangsungan usaha mereka walau minim dukungan pemerintah. Realitasnya mereka membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan para agen. Keberadaan agen membantu para pengrajin mendapatkan modal dalam membeli bahan baku tepas bambu yang dibutuhkan serta memasarkan produk-produk yang dihasilkan ke pasar-pasar pekan di wilayah pantai timur Aceh. Modal sosial ini sudah terjalin lama, bersifat resiprokal, dan dibangun atas dasar rasa saling percaya.


Keywords


Strategi, Pengrajin Tepas Bambu, Keberlangsungan Usaha

Full Text:

PDF

References


Andika, S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan Kerajinan Tangan Kerawang Gayo (Studi di Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah). (Skripsi, Universitas Malikussaleh).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen (2021). Bireuen dalam Angka. Bireuen: BPS Bireuen.

Firdiyanti, B. (2016). Strategi Bertahan Hidup Pengrajin Gerabah sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Swara Bhumi, 1(2).

Fitriawati, E. (2010). Modal Sosial dalam Strategi Industri Kecil. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(1).

Hadinata, R. (2014). Analisis Strategi Pengrajin Kulit dalam Mengembangkan Usaha (Studi Kasus di Sentra Industri Kerajinan Kulit Kelurahan Selosari Magetan). Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 6(2).

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Empat.

Kamal, A. (2016). Analisis Strategi Pengrajin Kain Sasirangan di Kampung Sasirangan, Banjarmasin (Studi Pada UKM Nida Sasirangan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).

Megasari, L. A. (2019). Ketergantungan Petani terhadap Tengkulak sebagai Patron dalam Kegiatan Proses Produksi Pertanian (Studi di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri) (Skripsi, Universitas Airlangga).

Papilo, P. (2014). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Rotan di Kota Pekanbaru. Menara Riau, 13(1), 1-20.

Permana, B., & Widodo, B. S. (2015). Strategi Kebertahanan Pengrajin Industri Sandal di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Swara Bhumi, 3(3).

Rahmi, N. & Ketaren, A. (2021). Jaringan Sosial Petani dalam Distribusi Hasil Produksi Garam di Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 2(1), 46-65.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjahjani, I. K., Baharuddin, F., & Yuliawati, E. (2019). Strategi Mempertahankan Eksistensi Batik Tulis dan Peningkatan Daya Saing Pengrajin di Desa Sekardangan Sidoarjo. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 3(1), 51-60.

Wulandari, A. P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pelatihan Pembuatan Sapu Gelagah. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v2i2.6082

Article Metrics

 Abstract Views : 280 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lisa Iryani, Poppy Suzanna, Sufi Sufi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License