KONSUMERISME DAN GAYA HIDUP PEREMPUAN DI RUANG SOSIAL: ANALISIS BUDAYA PEMBEDAAN DIRI DI LINGKUNGAN FISIP UNIMAL
Abstract
This study focuses on the objectives of being different and consumption behavior among students. This study uses the theory of habitus and environment according to Pierre Bourdieu. The method used is qualitative research with a descriptive approach in order to describe and obtain information on what female students are doing to be different and consumption behavior in their social space. The results of this study found that there are several factors that influence female students to be different. First, they want to be the center of attention for others. Second, being different is done in order to attract the attention of men in the environment. Third, someone takes action to be different because they want to be a trendsetter, feel different and attractive makes a woman feel happy, and becomes a woman's pride. Fourth, be more confident. All of that encourages consumptive behavior where consuming an item is no longer a fulfillment of a need but only because you want to appear different from others or are afraid to look the same or similar to others
ABSTRAK
Penelitian ini memfokuskan pada tujuan tampil beda dan perilaku konsumsi di kalangan mahasiswi dengan menggunakan teori habitus dan lingkungan menurut Pierre Bourdieu. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif agar dapat menggambarkan dan memperoleh informasi tentang apa yang dilakukan oleh mahasiswi untuk tampil beda melalui perilaku komsumsi di ruang sosialnya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswi untuk tampil beda. Pertama, adanya keinginan menjadi pusat perhatian bagi orang lain. Kedua, tampil beda dilakukan dengan tujuan menarik perhatian lawan jenis yang yang ada di lingkungan tersebut. Ketiga, seseorang melakukan tindakan tampil beda karena ingin menjadi pencipta tren, merasa berbeda dan menarik membuat rasa senang, dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang perempuan. Keempat, menjadi lebih percaya diri. Semua itu mendorong perilaku konsumtif dimana mengonsumsi suatu barang bukan lagi sebagai pemenuhan kebutuhan melainkan hanya karena ingin tampil berbeda dari orang lain atau takut terlihat sama atau mirip dengan yang lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2), 79-83.
Azhar (2013). Peranan Daya Tarik Fisik terhadap Perasaan Cinta pada Lelaki yang Memiliki Wanita dengan Tunanetra. Psikoborneo, 1(4), 237-240.
Bakti, I. S., Nirzalin, & Alwi (2019). Konsumerisme Menurut Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK, 13(2), 146–165.
Bakti, I., Anismar, A., & Amin, K. (2020). Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 14(1), 81-98. doi:https://doi.org/10.24815/jsu.v14i1.18109
Bourdieu, P. (2010). Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Kreasi Wacana.
Chaney, D. (1996). Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jalasutra.
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1-14.
Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2014). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).
Hotpascaman, S. (2010). Hubungan antara Perilaku Konsumtif dengan Konformitas pada Remaja. Skripsi. Program Sarjana Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Jenkins, R. (2004). Membaca Pikiran Bourdieu. Kreasi Wacana.
Lury, C. (1998). Budaya Konsumen. Yayasan Obor Indonesia.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Pertiwi, M. M. C. A., & Bharata, B. S. (2012). Budaya Populer dan Pesan Persuasif Majalah Perempuan.
Piliang, Y. A. (2011). Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Matahari.
Pratiwi, G. I. (2015). Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Motor Bike of Kawasaki Riders Club (BKRC) Chapter Malang). Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 1(5).
Rafa'al, M. (2017). Identitas Gaya Hidup dan Budaya Konsumen dalam Mengkonsumsi Brand The Executive. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(1).
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Citra Diri pada Remaja Akhir. SPIRITS, 4(2), 22-32.
Ritzer, G. (2010). Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana.
Ritzer, G. & Goodman, D. J. (2003). Teori Sosiologi Modern. Kencana.
Sari, D. N. (2014). Perbedaan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau dari Status Ekonomi dan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Psikoborneo, 2(2).
Soedjatmiko, H. (2008). Saya Berbelanja Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi dan Desain Menjadi Gaya Hidup Konsumeris. Jalasutra.
Storey, J. (2017). Theories of Consumption. Routledge.
Sugiyono (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2).
Trisnawati, T. Y. (2016). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. Jurnal The Messenger, 3(2), 36-47.
Ulfa, N. S. (2017). Konsumsi sebagai Penanda Kesejahteraan dan Stratifikasi: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=23010&val=1295, diakses 20/10/2017
Wahyudin, U., & Purwaningwulan, M. M. (2017). Konsumerisme pada Iklan Majalah Perempuan. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v1i1.3094
Article Metrics
Abstract Views : 2724 timesPDF Downloaded : 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rahmi Rachel, Rakhmadsyah Putra Rangkuty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License