PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI LINGKARAN

Fadila Febrianti, Fajriana Fajriana, Wulandari Wulandari, Nuraina Nuraina, Herizal Herizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika dengan pendekatan Science, Technology, Engineering and mathematics (STEM) pada materi lingkaran. Modul yang dikembangkan berisi tentang konsep lingkaran, unsur-unsur lingkaran serta keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Penelitian  ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Salapian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh para ahli sangat layak (ahli materi 83,75% dan ahli media 81,33%), respon guru dan siswa juga sangat baik (guru 81,42% dan siswa 84%), serta modul efektif digunakan karena pencapaian nilai siswa 80% di atas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa modul matematika dengan pendekatan STEM pada materi lingkaran yang dikembangkan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah.


Keywords


Pengembangan, Modul, Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM), Lingkaran.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, B. (2015). Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6, No. 2: 122-129.

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Medan: Guepedia.

Mardiah, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Kelas VII. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research dan Development). Bandung: Alfabeta.

Utami, T. N. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Kelas VII SMP. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9432

Article Metrics

 Abstract Views : 206 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadila Febrianti, Fajriana Fajriana, Wulandari Wulandari, Nuraina Nuraina, Herizal Herizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats