KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS VIII MTS N 3 PASAMAN BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021

Dita Fitria

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di kelas VIII MTsN 03 Pasaman Barat bahwa proses pembelajaran lebih terpusat kepada guru, siswa kurang aktif dalam belajar, guru kurang melibatkan siswa dalam menemukan konsep/informasi/ struktur matematika yang telah ditemukan dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran secara konvensional di kela VIII MTsN 3 Pasaman Barat tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian pra-eksperimen dengan rancangan yaitu The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 3 Pasaman Barat tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan secara. Instrumen yang digunakan siswa berupa tes essay, dan teknik analis data kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan uji t yang di perlakukan dengan Software Minita. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 2,22 ttabel= 1,67karena thitung> ttabel,maka H0ditolakdan diterimaH1 . serta P-value = 0,015 dan , karena P-value< , jadi dapat disimpukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair ShareI (TPS) lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran secara konvensional di kelasĀ  VIII MTsN 3 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2020/2021.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7665

Article Metrics

 Abstract Views : 153 times
 XML Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dita Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats