PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PEMINATAN SISWA

FITRI AYU NINGTIYAS, Dwi Iramadhani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang. Penelitian terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan tes prestasi belajar. Tindakan dikatakan berhasil jika aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada setiap siklus. Hasil penelitian pada lembar pengamatan menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami perbaikan pada setiap pertemuan. Persentase siswa yang mencapai KKM pengetahuan pada skor dasar sebesar 22.22% meningkat menjadi 58,33% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 75% pada siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share dapat memperbaiki proses dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas  SMAN 11 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.


Keywords


Think Pair Share, Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-DuMath, 2 (1), 128-137.

Ljubetic, M. (2012). New competences for the pre-school teacher: a successful response to the challenges of the 21st century. World Journal of Education, 2(1), 82.

NCTM. (2009). A Vision for School Mathematics. United State of America: National Council of Teachers of Mathematics. Retrieved from http://www.nctm.org/standars.htm.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. J Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning Theory Researcht and Practice. Boston: Ally and Bacon.

Sukasari, P. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Singaraja.Skripsi, tidak dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Kimia Undhiksa

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7452

Article Metrics

 Abstract Views : 104 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FITRI AYU NINGTIYAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats