PENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEUPAH BARAT

Deni Mulianti, Nuraina Nuraina, Wulandari Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Teupah Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Teupah Barat. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 siswa dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol sebanyak 16 siswa yang dipilih dengan total sampling. Siswa kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest-postest dan data tersebut dianalisis menggunakan uji non parametrik (Mann Whitney U-test) karena tidak berdistribusi normal dan memperoleh hasil 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujiannya, nilai pada kolom sig < 0,05 maka H0 di tolak. Dari hasil signifikan dari statistik (Mann Whitney U-test) nilai asymp sig, (2-tailed) adalah 0,00 kurang dari 0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima. Adapun peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran saintifik.


Keywords


Representasi matematis, auditory, intellectually, repetition, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, T. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Nurul Islam Banjarmasin. Banjarmasin: Tidak diterbitkan: Skripsi. UIN Antasari.

Meier, D. (2013). The Accelerated Handbook Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Prabawati, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Bandung: Skripsi. Perpustakaan Upi.

Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran Konstekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis Siswa SMP. Bandung: tidak diterbitkan.: Tesis SPs UPI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2010). Strategi Pembelajaran Kontenporer. Bandung: JICA.

Wahyuni. (2012). Meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self Esteem siswa menengah pertama dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Bandung: Tesis PPS UPI : tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7368

Article Metrics

 Abstract Views : 139 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Deni Mulianti, Nuraina Nuraina, Wulandari Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats