PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 DEWANTARA

Ulaimi Ulaimi, Iryana Muhammad, Erna Isfayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Dewantara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dan penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan PMR lebih baik daripada siswa mengikuti pembelajaran konvensional. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas VIII/E sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan PMR dan kelas VIII/D sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai Sig. (p-value) > α 0,05),maka diterima yaitu 0,118 pada kelas kontrol dan 0,114 kelas eksperimen sehingga data bertribusi normal. Analisis uji-t kemampuan berpikir kritis matematis siswa diperoleh 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR lebih baik daripada pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Dewantara.


Keywords


Berpikir Kritis Matematis, Pembelajaran Konvensional, Pendekatan PMR

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, I. G., Widari, A., Ngurah, I. G., Putra, N., & Suwija, I. K. (2013). Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iva Sdn 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Santiaji Pendidikan, 3(2), 189–212.

Mughitsa, G. (2011). Pembelajaran Matematika di Kelas Akselarasi SMA Negeri 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Rahmaton. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi React Pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Yusmanto;, & Herman, T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2705




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4725

Article Metrics

 Abstract Views : 235 times
 PDF Downloaded : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats