PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 MUARA BATU

Meiliza Aminy, Herizal Herizal, Wulandari Wulandari

Abstract


Kurangnya kegigihan dalam penyelesaian masalah membuat siswa terlihat sukar menyelesaikan masalah yang berbeda, hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Untuk itu penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra diharapkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir  kreatif matematis siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan  melalui  pendekatan  saintifik  di  SMA Negeri 1 Muara Batu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara Batu tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas  XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh  dari  hasil tes instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berupa tes pretest dan postest serta dianalisis uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis berbantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra  lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Muara Batu.


Keywords


Geogebra, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2013). Belajar Untuk Mengajar Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Eggen, P., & Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

I Wayan Eka Aryasuta, I Nengah Suparta, G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran berbantuan GeoGebra Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Ketangguhan Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1).

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nadeem, M., Assistant, A., & Lecturer, S. S. (2012). A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 3–8.

Rahmadani , A. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Strategi Brain-Based Learning Berbantuan GeoGebra. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Selvy, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Siswa SMA. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supinah, & Sutanti. (2010). Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Walpole, R. E. (2005). Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4390

Article Metrics

 Abstract Views : 526 times
 PDF Downloaded : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats