PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM

Safrina Safrina, Muliana Muliana, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Kemampuan komunikasi matemamatis merupakan kemampuan matematis yang harus dikembangkan dalam pendidikan matematika. Untuk itu penggunaan model pembelajaran diharapkan memberi pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi barisan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quaisi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Mamplam sedangkan sampel yang diambil adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Post-test Only Design. Hasil penelitian sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Non Parametrik Mann-Whitney  jika nilai Asymp.Sig < 0,05 maka H0 ditolak dan jika nilai Asymp.Sig > 0,05 maka H0 diterima maka di peroleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan matematis siswa pada materi Barisan apabila dibandingkan dengan pembelajaran saintifik.


Keywords


Model Pembelajaran Learning cycle 5E, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Full Text:

PDF

References


Apiyati, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2), 55–64. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i2.327

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4639

Ibrahim, & Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset.

Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan model learning cycle pada sub pokok bahasan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 7, 128–133.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematicsا. NCTM.

Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Sereal Untuk, 51.

PISA. (2012). PISA 2012 Results in Focus.

Tuna, A., & Kacar, A. (2013). The effect of 5E learning cycle model in teaching trigonometry on students’ academic achievement and the permanence of their knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(1), 73–87.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4304

Article Metrics

 Abstract Views : 49 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.