PENGARUH PENDEKATAN COMMOGNITIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MA PP MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH BANGKINANG KOTA
DOI:
https://doi.org/10.29103/jpmm.v5i1.21232Keywords:
Pendekatan Commognitive, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana pendekatan commognitive mempengaruhi kemampuan siswa dalam komunikasi matematis. Metode Quasi-Eksperimental diadopsi untuk penelitian ini, memanfaatkan uji coba terkontrol acak dengan pengukuran pra-tes dan pasca-tes. Partisipan dalam penelitian ini adalah semua siswa dari kelas XI di MA PP Mu'allimin Muhammadiyah yang terletak di Kota Bangkinang, dengan kelas XI Pi 1 ditetapkan sebagai kelompok kontrol dan kelas XI Pi 2 sebagai kelompok eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes yang dirancang untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi matematis. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar tes yang ditujukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis tersebut. Sebelum melakukan uji T, uji normalitas dan homogenitas dilakukan. Temuan dari uji normalitas menunjukkan angka statistik pra-tes sebesar 0,224 untuk kelompok kontrol dan 0,267 untuk kelompok eksperimen. Nilai signifikansi dari uji normalitas Shapiro Wilk mengungkapkan bahwa skor pra-tes kelompok kontrol memiliki signifikansi 0,003, yang berada di bawah ambang batas 0,05, sedangkan signifikansi skor pra-tes kelompok eksperimen berada pada 0,000, juga kurang dari 0,05. Demikian pula, skor pasca-tes pada kelompok kontrol mencatat signifikansi 0,031, yang menunjukkan bahwa skor tersebut di bawah 0,05, sedangkan kelompok eksperimen menghasilkan hasil pasca-tes dengan signifikansi 0,001, yang juga turun di bawah 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data tidak sesuai dengan distribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa signifikansi pra-tes untuk kedua kelompok adalah 0,551, yang menunjukkan bahwa skor tersebut di atas 0,05, sedangkan hasil pasca-tes menunjukkan signifikansi 0,009, yang berada di bawah 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data pra-tes menunjukkan homogenitas sedangkan data pasca-tes tidak. Karena data tidak menunjukkan kenormalan maupun homogenitas, penelitian ini memilih uji-t Mann Whitney. Analisis menghasilkan angka asimp. sig (2-tailed) sebesar 0,000 untuk pra-uji, kurang dari 0,05, dan nilai asimp. sig (2-tailed) sebesar 0,001 untuk pasca-uji, juga di bawah 0,05, yang mendorong penolakan ð»0 dan penerimaan ð»a. Kesimpulan keseluruhan dari analisis data menunjukkan bahwa pendekatan commognitive secara signifikan memengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Smk Di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315-324. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V2i2.1107
Astuti, A. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. 2(2), 102-110. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Formatif.V2i2.91
Aulia, T., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Pada Siswa Mts. 06(03), 2816-2832. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i3.1618
Bernades, A., & Roque, T. (2018). History Of Matrices: Commognitive Conflicts And Reflections On Metadiscursive Rules. Mathematics , Education And History, 143-164. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Jmathb.2020.100838
Esa, U. (2017). Uji Mann Whitney.
Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357-368. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i3.516
Mardiati, M., & Rani, F. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 115. Https://Doi.Org/10.36294/Jmp.V2i2.209
Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i3.133
Novie Suci Rahmawati, Martin Bernard, & Padillah Akbar. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Journal On Education, 1(2), 344-352. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V1i2.74
Oktaviana, D., & Clark, B. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Implementasi Model Discovery Learning Pada Siswa Sman 1 Peusangan. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(June), 110. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sciaf.2019.E00146
Rahmat, D., & Afsari, S. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4, 247-263. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29103/Jpmm.V4i2.20817
Santoso, I. B., Ummu Sholihah, & Dewi Asmarani. (2024). Commognitive Siswa Pada Pemecahan Masalah Materi Spldv Di Smk Pgri Kras Kediri. Perisai: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 37-48. Https://Doi.Org/10.32672/Perisai.V3i1.622
Sapta, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learningterhadap Komunikasi Matematis Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 94-99. Https://Doi.Org/10.33373/Pythagoras.V6i2.630
Setyowati, S., Purwanto, & Sudirman. (2022). Analisis Commognitive Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2336-2351. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i3.1618
Shabrina, Muliana, Mursalin, & Rohantizani. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dan Motivasi Siswa Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz. 4, 122-132. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29103/Jpmm.V4i2.17395
Shinno, Y., & Fujita, T. (2022). Characterizing How And When A Way Of Proving Develops In A Primary Mathematics Classroom: A Commognitive Approach. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 53(12), 3326-3351. Https://Doi.Org/10.1080/0020739x.2021.1941365
Siregar, M. U. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sma Negeri 6 Medan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53. Https://Doi.Org/10.24114/Jfi.V4i1.45859
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.); Edisi Kedu). Alfabeta,Cv.
Warda, Nurul; Alim, A. E. (2024). Deskripsi Commognitive Siswa Kelas Viii Dalam Memahami Materi Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smp. 10, 1-23. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V10i2.3669
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30738/.V6i2.2213
Wulandari, N. D., & Parta, I. N. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 269-277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V7i1.1950
Zayyadi, M., Lutfiyah, & Pratiwi, E. (2023). Analisis Commognitive Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Non Rutin Commognitive Analysis Of Students In Solving Non-Routine Problems. Jurnal Axioma, 8(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56013/Axi.V8i1.1990