Pelatihan Metode Analisis Data Model DEA (Data Envelopment Analysis) Bagi Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Malikussaleh

Mardiaton Mardiaton, Ghazali Syamni, Hendra Raza, Hijri Juliansyah, Syarifah Syafira, Mutia Rahmah, Zulfan Zulfan, Sari Yulis Terfiadi, Muhammad Hafizh, Noviami Trisniarti

Abstract


Tujuan Pengabdian Pelatihan Metode Analisis Data Model DEA untuk memberikan keterampilan kepada Pertukaran mahasiswa merdeka dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh untuk dapat digunakan pada penelitian semester akhir dalam menyusun tugas skripsi ketika mengolah data analisis model DEA sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman yang lebih komprehensif. Pelatihan pengembangan minat dan bakat serta kemahiran dalam penggunaan metode analisis data model DEA juga dapat menumbuh kembangkan minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa, sehingga melalui pelatihan ini mahasiswa akan dapat meningkatkan kemahiran dalam penggunaan metode analisis data model DEA. Dalam hal ini  tentunya banyak laporan pengabdian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa atau bersponsor yang hanya menjadi laporan tertulis dan tersimpan rapi pada program studi atau di LPPM yang tidak terbaca oleh khalayak ramai sehingga kurang bermanfaat dan tidak memiliki faedah. Untuk itu PKM ini dipublikasikan agar dapat diakses oleh semua pihak dan dapat menjadi informasi penting bagi banyak pembaca.


Keywords


Pelatihan, Penelitian, Metode Analisis Data Model DEA

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Endri, E. (2009). Kinerja Efisiensi Teknis Bank Pembangunan Daerah: Pendekatan Data Envelopment Analysis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(1), 21-29.

Adriansyah, M. A., Wicaksa, A., Sumarni, S., Hesfie, F. F., & Dwitama, A. R. (2019). Pelatihan Sistem Jurnal Daring (Online Journal System). PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 120-127.

Binus University Business School Laboratory. (2019). Data Envelopment Analysis (DEA): November 2019. (Online), https://bbs.binus.ac.id/bbslab/2019/11/data-envelopment-analysis-dea/.

Dewi, C. (2011). Penerapan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Untuk Mengukur Efisiensi Relatif Jurusan Pada Sebuah Fakultas. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Industri.

Mulazid, A., S., & Putri, M., S. (2017). Analisis Efisiensi Bank Umum Syariah (BUS) Di Indonesia Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Periode 2013-2015. Jurnal Studi Islam dan Sosial (Al-Mabsut), 11(1), 1-16.

Nugraha, B.,W.,W. (2013). Analisis Efisiensi Perbankan Menggunakan Metode Non Parametrik Data Envelopment Analysis. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1), 272-284.

Puspitasari, A., Purnomo, D,. & Triyono, T. (2017). Penggunaan Data Envelopment Analysis (DEA) dalam Pengukuran Efisiensi Bank Umum Syari'ah di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 5(2), 293-304.

Tuffahati, H., Mardian, S., & Suprapto, E. (2016). Pengukuran Efisiensi Asuransi Syariah Dengan Data Envelopment Analysis (DEA). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam (JAKIS), 4(1), 1-23.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i2.9392

Article Metrics

 Abstract Views : 179 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter