Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Eviews Pada Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan

Umaruddin Usman, Tarmizi Abbas

Abstract


Pelatihan ini diharapkan kepada peserta atau mahasiswa melalui perwakilan himpunan, setelah mereka mampu menguasai dan memahami cara input data, proses (pengolahan) data, dan output data. Mereka juga membantu mahasiswa lainnya dalam menerapkan penggunaan Eviews pada berbagai kebutuhan dan keperluan pengolahan data. Diantaranya kebutuhan pengolahan data pada mata kuliah ekonometrik, statistik, dan matematik serta saat menghasilakan karya tulis ilmiah seperti jurnal dan menulis tugas akhir dalam bentuk skripsi

Keywords


pelatihan, olah data, Eviews

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam, and Dwi Ratmono. (2013). Analisis Multivariat Dan Ekonometrika: Teori, Konsep, Dan Aplikasi Dengan EVIEWS 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Junjunan, M. I., & Nawangsari, A. T. (2021). Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan EViews dalam Penelitian Bisnis. Insan Cendekia Mandiri.

Matondang, Z., & Nasution, H. F. (2022). Praktik Analisis Data: Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Merdeka Kreasi Group.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. (2018). Permodelan ekonometrika dengan EViews 9 pada civitas akademik Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i2.9390

Article Metrics

 Abstract Views : 498 times
 PDF Downloaded : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter