Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Desa Hagu Selatan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Chalirafi Chalirafi, Sutriani Sutriani, Muchsin Muchsin, Nazaruddin Nazaruddin, Munandar Munandar

Abstract


Pegabdian ini sangat penting dilakukan karena perlu adanya sebuah kegiatan yang dapat membantu pelaku usaha UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengenalkan produk. Tujuan khusus pengabdian ini untuk memberikan pemahaman ke pada masyarakat untuk memanfaaatkan media sosial serta pentingnya media sosial unruk mempromosikan produk secara luas. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dalam beberapa tahap; koordinasi persiapan pelaksanaan, Focus Group Discussion (FGD), pelaksanaan kegiatan edukasi berupa sosialisasi dan pelatihan keuangan syariah, oleh kelompok masyarakat Desa dan kegiatan evaluasi kegiatan. Pengabdian ini diharapkan UMKM dapat menjadi pusat kekuatan ekonomi khususnya khususnya UMKM di desa Hagu Selatan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, dengan pemanfaatan media sosial menjadi pilihan bagi UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Luaran yang dihasilkan pada pengabdian ini adalah publikasi kegiatan di media cetak atau online, Jurnal OJS, Dokumen Kerjasama dan HKI

Keywords


DigitaI, Marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


Paul, I., & Ganguly, S. (2014). Bovine Mastitis, an Economically Important Bacterial Infection of Udder in Cattle: a Review. Ind. J. Sci. Res. and Tech, 2(2).

Stelzner, M., Helmrath, M., Dunn, J. C. Y., Henning, S. J., Houchen, C. W., Kuo, C., Lynch, J., Li, L., Magness, S. T., Martin, M. G., Wong, M. H., & Yu, J. (2012). A nomenclature for intestinal in vitro cultures. American Journal of Physiology - Gastrointestinal and Liver Physiology, 302(12), 1359–1363. https://doi.org/10.1152/ajpgi.00493.2011

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of SocialMedia: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems.Association for Inforamtion System Electronic Library. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada keunggulan Bersaing Ukm Di Indonesia. Forum Keuangan Dan Bisnis IV.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i2.9388

Article Metrics

 Abstract Views : 240 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter