Strategi Pengembangan UMKM Go Halal Berbasis Digital

Fuadi Fuadi, Falahuddin Falahuddin, Reza Juanda, Ramadhan Ramadhan

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan para pelaku UMKM ini mengenai strategi pengembangan UMKM untuk melakukan labelisasi halal dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini dikarenakan banyaknya produk lokal hasil dari UMKM di Aceh Utara dan Lhokseumawe yang beredar tanpa labelisasi halal dan kurangnya pemahaman para pelaku UMKM tentang hal tersebut. Pencapain tersebut dilakukan melalui diskusi interaktif dengan melibatkan seluruh peserta. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan paparan teoritis tentang pentingnya produk halal dan sertifikasi halal, dan  menjelaskan  tahapan proses pengurusan sertifikasi produk halal dan memberikan contoh pelaku UMKM yang sudah melaksanakannya. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini memberikan dampak positif kepada pelaku UMKM, yaitu pemahaman arti penting pengurusan sertifikasi halal dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Selain itu, pelaku UMKM juga menjadi paham bagaimana tahapan pengurusan sertifikasi produk halal


Keywords


Pengabdian, Labelisasi Halal, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amir, A, R Rafiki, and A D Amri. 2021. “Sosialisasi Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Pada Pengusaha Home Industri Dan UMKM Di Kecamatan Gunung Kerinci Siulak Deras Kabupaten Kerinci.” Jurnal Inovasi, Teknologi dan … 3(1): 1–5. https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/15056%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/download/15056/12167.

Ratih, Sepi Ning. 2018. “DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM ( Studi Kasus Pada Industri Roti Rumahan Seleste Ganjar Agung 14 / I Kota Metro ) DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM ( Studi Kasus Pada Industri Roti Rumahan Seleste Ganjar Agung 14 / I Kota Metro ).” IAIN Metro.

Yuwana, Siti Indah Purwaning, and Hikmatul Hasanah. 2021. “Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) 1(2): 104–12.

Qanun No. 08 Provinsi Aceh “Tentang Sistem Jaminan Produk Halal” Tahun 2016.

Undang-undang (UU) No. 33 Republik Indonesia “Tentang Jaminan Produk Halal” Tahun 2014.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i2.9387

Article Metrics

 Abstract Views : 283 times
 PDF Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter