Produktivitas Peci Sebagai Usaha Ekonomi Produktif Dalam Pengembangan UMKM Desa

Malahayatie Malahayatie, Mutia Rahmi, Lia Safrina

Abstract


Lemahnya daya ekonomi masyarakat Gampong Mancang Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara mendorong untuk melakukan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan menggali bakat dan produktivitas peci bertujuan untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan generasi hebat yang penuh bakat. Pengembangan ekonomi kreatif  merupakan pilihan tepat untuk menjaga ketahanan ekonomi dalam kondisi krisis global. Ekonomi kreatif adalah pemanfaatan cadangan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Kegiatan ini dilakukan menggunakan metode pembinaan dan pelatihan. Kegiatan ini berjalan baik sesuai harapan dan target yang telah direncanakan, dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini diharapkan mampu menggali bakat masyarakat sehingga mampu meningkatkan Kegiatan pengabdian daya ekonomi yang lebih baik serta juga dapat meningkatkan kualitas generasi berbakat dan produktivitas dalam menghadapi arus globalisasi 4.0, serta dapat mencetak generasi yang paham tentang melestarikan kebudayaan khas daerah dari Gampong Mancang Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara

Keywords


Pembinaan, Pelatihan, Promosi, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Wankel, james A.F Stoner Charles. (2013). Perencanaan & Pengembalian keputusan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2019). Kota Lhokseumawe Dalam Angka 2019

Joko Suhariyanto1, dkk. (2018). Pemberdayaan Sumber Daya Lokal Dalam Pengelolaan Sektor Industri Kreatif Di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe: Studi Kualitatif Atas Peran Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (Mor) I – Terminal Bahan Bakar Minyak (Tbbm) Lhokseumawe. Volume 24 No. 3

Roberta Comunian dan Abigail Gilmore (2018). Higher Educatian and the Creative Economy . Routledge.

Akhmad, Sabarudin; Hidayat, Rachmad. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 12 (2): 155-165.

Ananda, AD & Susilowati D. 2018. Pengembngan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. X (X): 120-142.

Andriyani, AAI; Matono, Edhi; Muhamad. 2017. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional. 23 (1): 1-16.

Hartomo, Deni Dwi; Cahyadin, Malik. 2013. Pemeringkatan Faktor Keberlangsungan Usaha Industri Kreatif di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik. 4 (2): 225.

Hasanah, L.L.N.E. 2015. Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda. 4 (2): 268-280.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025.

Rakib, Muhammad; Syam, Agus. 2016. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Life Skills Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pirang”. Jurnal Administrasi Publik. 6 (1): 96- 108.

Rakib, Muhammad; Yunus, Muchtar; Amin, Nur. 2018. Creative Industry Development Based on Entrepreneurship Training in Developing Local Economy in Parepare City. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 2 (1): 32-45.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i1.8270

Article Metrics

 Abstract Views : 103 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter