Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Pisang Sale (Masyarakat Dusun Perma Desa Alue Liem)

Yoesrizal Muhammad Yoesoef, Mukhlis Muhammad Nur, Agustinawati Agustinawati, Muhammad Wali, Zailaton Zailaton, Maulida Maulida, Nur Holila Siregar, Fitriani Fitriani

Abstract


Pemberdayaan masyarakat khususnya dalam produk pengolahan makanan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Dusun Perma, Desa Alue Liem, Kecamatan Blang Mangat. Tujuan utama dalam pemberdayaan ini adalah agar supaya dapat mengkuatkan hasil produksi pisang sale pada kelompok usaha bersama menjadi lebih sempurna baik dari sisi produktifitas dan pemasaranya agar dapat lebih menguntungkan, pengabdian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat khususnya masyarakat di Dusun Perma, Desa Alue Liem, Kecamatan Blang Mangat. Hasil pengabdian ini telah memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya usaha mak nieng untuk meningkatkan lebih banyak produksi pisang sale. Tim telah memberikan pemaparan untuk memperluas jangkauan pemasaran

Keywords


Pemberdayaan, Produksi, Pisang Sale

Full Text:

PDF PDF

References


Arief Fazlul Rahman, Sukmawaty, Rahmat Sabani. 2017. EVALUASI PENGERINGAN PISANG SALE (Musa paradisiaca L.) PADA ALAT PENGERING HYBRID (SURYA-LISTRIK) TIPE RAK. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol.5, No. 1, Maret 2017. Program Studi Teknik Pertanian di Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram.

Fibra Nurainy, Sri Hidayati, Dyah Koesoemawardani, Erdi Suroso. 2017. Penyuluhan Dan Pelatihan Pengolahan Sale Pisang Kelompok Usaha Bersama Aisyah Di Desa Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurusan Thp, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Pratiwi, D., S.M. handayani, E. Widiyanti. 2013. Studi Komparatif Usaha sale pisang goreng dan Keripik Pisang di Kabupaten Grobogan. E-jurnal Agrista. Edisi 3 Vol 1 (2013).Prodi Agribisnis. Fakultas Pertanian UNS. Solo.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v1i1.8269

Article Metrics

 Abstract Views : 240 times
 PDF Downloaded : 96 times  PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter