Pelatihan Pencatatan Keuangan Cermat bagi Wirausaha Muda Olshop Di Kota Lhokseumawe

Wardhiah Wardhiah, Ristati Ristati, Chalirafi Chalirafi, Munardi Munardi, Yulius Dharma

Abstract


Kota Lhokseumawe adalah sebuah kota yang berada di provinsi Aceh Indonesia. Kota ini berada persis di tengah-tengah jalur timur Sumatra. Berada di antara Banda Aceh dan Medan, sehingga kota ini merupakan jalur vital distribusi dan perdagangan di Aceh. Pasca Covid-19 bisnis online tumbuh dan berkembang pesat, yang merupakan salah satu jenis usaha yang dapat menopang perekonomian daerah dan menekan pengangguran. Pengelolaan keuangan yang cepat dan tepat sangat berpengaruh pada keberlangsungan sebuah usaha. Oleh karena itu maka perlu adanya pemahaman dan pelatihan tentang pengelolaan keuangan guna kelancaran usaha. Tujuan khusus pengabdian ini untuk memberikan pemahaman dan pelatihan bagi kepada wirausaha muda bisnis olshop tentang pencatatan keuangan cermat dalam mengelola keuangan usahanya. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dalam beberapa tahap; koordinasi persiapan pelaksanaan, Focus Group Discussion (FGD), pelaksanaan kegiatan edukasi berupa sosialisasi dan pelatihan keuangan metode pencatatan cepat dan kegiatan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian menghasilkan peningkatan kemampuan dan kecakapan wirausaha muda olshop dalam mengelola keuangan khususnya di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe luaran dalam pengabdian ini terdiri atas Publikasi jurnal nasional OJS, HKI dan Publikasi artikel pada media masa.


Keywords


Kota Lhokseumawe, Wirausaha, Online Shop, and Pencatatan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Lisa Iryani (2020) Strategi Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam Pembinaan Koperasi (Studi dinas perindustrian perdagangan dan koperasi Kota Lhokseumawe), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 3, No.2 (2020)

Naufal Bachri (2022) Women’s Entrepreneurship in Supporting Halan Tourism In Lhokseumawe City, International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration (IJEBAS). Vol. 2(1), PP 49-56.

Samsidar (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Pendapatan Wirausaha Sektor Pariwisata Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner&Strategis, Vol. 11, No. 2, September 2022, ISSN : 2338-2864, P 17-22.

BPS Kota Lhokseumawe (2018).

https://lhokseumawekota.bps.go.id/

lppm@unimal.ac.id

https://www.lhokseumawekota.go.id/

https://unimal.ac.id

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lhokseumawe

https://aceh.antaranews.com/berita/50038/pasar-online-dongkrak-jasa-kurir-lhokseumawe




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v2i2.13301

Article Metrics

 Abstract Views : 66 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter