Sosialisasi Arti Simbol Segitiga Pada Kemasan Plastik Bagi Ibu Ibu Rumah Tangga

Cut Andyna, Nur Sakinah Ritonga, Halida Bahri

Abstract


Pengabdian ini sangat penting untuk dilakukan mengingat masih minimnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam menggunakan wadah plastik seperti botol minuman, tempat bekal dan lainnya. Tujuan khusus pengabdian ini untuk memberikan pemahaman kepada ibu-ibu rumah tangga yang merupakan pengguna aktif kemasan plastik dalam kesehariannya. Informasi berkenaan dengan jenis plastik tersebut berupa lambang berisi angka yang terletak dibagian bawah kemasan. Kode tersebut merupakan petunjuk untuk mengarahkan konsumen agar menyesuaikan penggunaan kemasan dari plastik tersebut, apakah dapat digunakan berulang kali, daya tahan wadah tersebut juga berkenaan dengan jenis plastik yang sulit atau mudah didaur ulang. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan dalam beberapa tahap; (1) Koordinasi persiapan pelaksanaan bersama Sanitarian Puskesmas Muara Satu Kota Lhokseumawe, (2) Pelaksanaan kegiatan edukasi berupa sosialisasi arti simbol segitiga pada kemasan plastik kepada ibu-ibu rumah tangga di desa Meunasah Dayah, (3) Pembagian flyer kode simbol segitiga. Pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga berkenaan dengan simbol segitiga pada kemasan plastik sekaligus merubah mindset tentang bahayanya sampah plastik.


Keywords


Simbol Segitiga, Kemasan Plastik, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Johannes, F.W. 1993. Makalah Seminar Pengemasan. Fakultas Teknologi Pertanian. UGM, Yogyakarta.

Nurminah, Mimi. 2002. Jurnal Penelitian Berbagai Kemasan Plastik dan Kertas dan Pengaruhnya. Jurusan Teknologi Pertanian. Sumatra Utara.

Nurul Lailiyana Agustin, Renda Larizza Maranthika, Muhammad Iman Al Azhar & Muhammad Ishar, (2017). “Pengelolaan Sampah Botol Minuman Oleh Ibu PKK Desa Bantrung”. ABDIMAS. Vol.21 No.2

Sucipta, Nyoman. 2014. Pengemasan Pangan Kajian Pengemanasan Yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. Udayana University Press. Denpasar.

Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v2i2.13194

Article Metrics

 Abstract Views : 60 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter