Pelatihan Pembuatan Jantung Pisang Krispi Bagi Siswa SMPN 7 Sawang Kabupaten Aceh Utara Untuk Mendorong Minat Berwirausaha

Muhammad Saifuddin, Agustinawati Agustinawati, Samsidar Samsidar, Muhammad Yusuf, Khairisma Khairisma

Abstract


Wirausaha adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkan  untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha dalam mewujudkan cita-citanya. Kemampuan kreatif dan inovatif selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai. Salah satu pendorog terciptanya inovasi selain perubahan dan keharusan untuk beradaptasi adalah kesadaran akan adanya celah antara apa yang ada dan apa yang seharusnya ada dalam kepribadian siswa dalam berwirausaha. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami laksanakan ini mengangkat tema yang berlatar belakang bahan makanan yang sering kali hanya dibuat untuk membuat sayur bersantan, namun sebenarnya dapat dibuat untuk bahan makanan lain. Hal ini mendorong kami untuk memberikan pelatihan pemanfaatan jantung pisang sebagai bahan makanan krispy yang dapat memberikan inovasi baru makanan yang bergizi tinggi dan memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran serta peluang bisnis baru dengan pemanfaatan potensi lokal

Keywords


Jantung Pisang Krispi, Siswa, Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Aida, Y., Mamuaja, Ch, F., & Agustin, A. . (2014). PEMANFAATAN JANTUNG PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN DAGING IKAN LAYANG (Decapterus sp.) PADA PEMBUATAN ABON. 2(1).

Gendrawan, D. (2018). Menumbuhkan Jiwa, Perilaku dan Nilai Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis. Mbia, 17(2), 59–68.

Hasibuan, D. Z., & Nawawi, Z. M. (2023). Social Entrepreneurship as a Solution to Social Problems in the Digital Age. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 57–66.

Rintan, S. (2017). Jurnal kewirausahaan. Jurnal Kewiraushaan, 3, 1–14.

Ubaidillah, M. F., Maulana, A., & Firmansyah, I. (2021). Peluang Membangun Potensi Usaha Kreatif, Inovatif. Jumanis-Baja, 03(02), 227–239.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v2i1.11044

Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter