Pembinaan Teknis Budi Daya Ikan Lele Dumbo Dengan Metode Intensif Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Ikramuddin Ikramuddin, Mariyudi Mariyudi, Faisal Matriadi, Chalirafi Chalirafi, Chairil Akhyar, Muhammad Roni, Juni Ahyar

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakaat ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, skill dan ketrampilan kepada masyarakat sekitar, dengan tujuan utama adalah meningkatkan semangat masyarakat dan pemuda putus sekolah untuk bergerak dalam usaha budidaya ikan air tawar (ikan lele). Lokasi pengabdian dilaksanakan di Gampoeng Ulee Jalan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Adapun khalayak sasaran adalah masyarakat dan pemuda putus sekolah. Metode penentuan khalayak sasaran dilakukan dengan metode kualitatif yaitu dengan memperhatikan potensi, sumberdaya, dan semangat dalam menjalankan usaha, dengan upaya melibatkan khalayak sasaran dalam budidaya ikan lele, sebagai salah satu alternatif usaha. Waktu pengabdian dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, terhitung mulai bulan Juni sampai Oktober 2022. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan motivasi dan semangat masyarakat sekitar untuk mau terlibat dan melakasakan kegiatan usaha sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga

Keywords


Budidaya, Lele, Meningkatkan Ekonomi, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Effendi, I., A. Tanjung, S. Nedi, S. Nasution dan Elizal. (2019). Tehnik Pemeliharaan Lele Dumbo Di dalam Drum Skala Rumah Tangga. Unilak Press. Pekanbaru.

Mashur, Dadang; Fadel M. Azhari dan Putri Zahira (2020) Pemberdayaan masyarakat Melalui pengembangan Budidaya Ikan Air tawar di Kabupaten Pasaman. Jurnal Niara, Vol. 13, No. 1 Juni 2020, Hal. 172-179.

Rekarahmah & Syarifah Maihani (2022). Prospek pengembangan budidaya ikan bandeng terhadap peningkatan pendapatan keluarga Gampoeng Jangka Mesjid Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Jurnal sains Pertanian, Vol. 6, Nomor 2 Juni 2022, Hal. 77-81.

Pratiwi, Widya & Eva Marlina (2022). Analisis Peluang Usaha Tambak Ikan lele untuk Kebutuhan Pasar Kabupaten Bungo. Jurnal Administrasi sosial dan Humaniora (JASIORA), Vol. 4 No. 4 Juni 2022, Hal. 96-105.

Hartono, D.P (2014). Aplikasi System Induce Breeding pada Pembenihan Ikan Lele Dalam Peningkatan Produksi Benih. Makalah Kelautan dan perikanan Provinsi Lampung.

Khairuman & K. Amri (2012). Pembenihan lele di kolam terpal. Redaksi AgroMedia, Jakarta.

Khairuman & K. Amri. (2009). Peluang Usaha dan Teknik Budidaya Lele Sangkuriang. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wijaya, O., B.S. Rahardja dan Prayogo. (2014). Pengaruh Padat Tebar Ikan Lele Terhadap Laju Pertumbuhan dan Survival Rate pada Sistem Akuaponik. Jurnal. Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 6 (1): 55-58.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v2i1.11042

Article Metrics

 Abstract Views : 180 times
 PDF Downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter