Pelatihan Daur Ulang Botol Plastik Menjadi Celengan Bagi Anak-Anak Gampong Reuleut Timu, Aceh Utara

Yesi pratiwi, Agustinawati Agustinawati

Abstract


Sampah merupakan sisa material yang sudah tidak dipakai oleh manusia, tidak disenangi atau sesuatu yang memang harus dibuang yang berasal dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Pembuangan sampah botol minuman yang dilakukan secara sembarangan di sekitar rumah ataupun pembakaran terbuka telah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Desa Reuluet Timu, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, sehingga menimbulkan beberapa penyakit yang berbasis lingkungan serta mencemari udara dan tanah. Semakin banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia maka perlu dilakukan pengelolaan sampah dengan tujuan untuk mengubah sampah botol minuman menjadi sesuatu barang atau produk yang memiliki nilai ekonomi atau mengubah sampah menjadi sesuatu yang tidak membahayakan lingkungan. Oleh karena itu, untuk mengurangi jumlah sampah botol minuman yang ada, perlunya adanya pengelolaan sampah yang baik. Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu, untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak di Gampong Reulet Timu untuk mampu berkreativitas dalam mengolah botol plastik bekas menjadi celengan. Dengan kegiatan pengabdian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk anak-anak di Gampong Reuluet Timu, untuk mendaur ulang limbah botol plastik yang diolah menjadi berbagai macam produk yang menghasilkan nilai ekonomis. Kegiatan pengabdian ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan nilai ekonomi.

Keywords


Daur Ulang, Botol Plastik, Celengan

Full Text:

PDF

References


Hany Maesyafitri Arum, Jamiati, Marina Ineza, Felicya Monita Ridho Kusumo & Rizky Amelia, (2019). “Pemanfaatan Barang Bekas Botol Plastik Dalam Pembuatan Vertical Gerden Di Wilayah Lamtoro Pamulang Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2019. Univesitas Muhammadiyah Jakarta.

Nurul Lailiyana Agustin, Renda Larizza Maranthika, Muhammad Iman Al Azhar & Muhammad Ishar, (2017). “Pengelolaan Sampah Botol Minuman Oleh Ibu PKK Desa Bantrung”. ABDIMAS. Vol.21 No.2.

Rina Sulistiyani, (2022). “Pelatihan Daur Ulang Sampah Botol Plastik Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Dan Kreativitas”. Jurnal pengambdian masyarakat (PIMAS).

Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v2i1.11038

Article Metrics

 Abstract Views : 140 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter