LITERASI KEUANGAN MELALUI KESADARAN MENABUNG PADA ANAK-ANAK GAMPONG BLANG RALEU KECAMATAN SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA

Cut Putri Mellita Sari, Rani Puspitaningrum, Fanny Nailufar, Khairisma Khairisma

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tercermin dalam tridarma perguruan tinggi. Begitupula kegiatan sosialisasi pembuatan celengan bambu kepada anak-anak Gampong Blang Raleu Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Malikussaleh. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran menabung sedari dini bagi anak-anak gampong yang pada akhirnya akan turut meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang literasi keuangan. Literasi keuangan akan dibutuhkan oleh mereka kelak ketika mereka memasuki usia dewasa dalam hal pengetahuan, pemahaman, perluasan akses terhadap permodalan usaha yang nantinya akan mendukung aktivitas ekonomi kearah pencapaian kesejahteraan hidupnya. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dirangkai dalam bentuk laporan pengabdian dan dokumentasi yang diserahkan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh. Selain ini, sebagai bentuk lain yang diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk menginspirasi kegiatan-kegiatan pengabdian selanjutnya yang berkaitan dengan tema literasi keuangan, maka laporan kegiatan pengabdian ini ditulis kembali dalam bentuk jurnal pengabdian dan dipublikasikan sehingga dapat dibaca oleh masyarakat luas.


Keywords


Kata kunci: Literasi Keuangan, Tabungan, Pengabdian, Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asnawi, Meinarni, C Matani, and Kurniawan Patma. 2019. “Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper.” The Community Enggagement Journal 2 (1): 1–8.

Gunawan, Ade, Delyana Rahmawany Pulungan, and Murviana Koto. 2018. “Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU).” Medan.

Miranda Pataya, Vidia, and Muslih. 2022. “Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1): 1–7.

Pulungan, Delyana Rahmawany, Leylia Khairani, Mutia Arda, Murviana Koto, and Efry Kurnia. 2019. “Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan.” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan 1 (1): 296–301.

Setyowati, Arin, and Lailatullailia, Dian. 2020. "Literasi Keuangan Syariah Melalui Media Edukatif untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Surabaya." Humanism Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1): 13-22.

Sirine, Hani, and Dwi Setiyani Utami. 2016. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 19 (1): 27–52.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2021. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx diakses 28 October 2022

Yasid, Mukhamad. 2009. “Perilaku Menabung Ibu Rumah Tangga Keluarga Miskin Peserta Program Ikhtiar Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Kelompok Di Bogor, Jawa Barat.” Tazkia Islamic Finance and Business Review 4 (1).




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v1i2.9224

Article Metrics

 Abstract Views : 247 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)