Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Pada Portal Open Journal System (OJS) Universitas Malikussaleh Dalam Ruang Lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Nasrul ZA Nasrul ZA, Khairisma Khairisma, Rani Puspitaningrum, Mutia Rahmah, Noviami Trisniarti Trisniarti, Murtala Murtala, Agustinawati Agustinawati, Depin Aprilla, Ade Merry Salwa

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman bagi para pengelola jurnal ilmiah FEB Unimal khususnya terkait mekanisme pengaturan awal, pengumpulan artikel hingga cara mempublikasinya. Selain itu, pengabdian melalui pelatihan ini juga dilaksanakan untuk memberikan wawasan mengenai cara pengeleloaan jurnal ilmiah agar dapat terindex secara nasional maupun internasional, dan diharapkan dengan kehadiran jurnal-jurnal tersebut dapat memberikan manfaat khususnya bagi para akademik. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ialah berupa sosialisasi, pengenalan Open Journal System (OJS), evaluasi/pendampingan serta refleksi dari para peserta. Hasil yang dicapai dalam pelatihan ini ialah para peserta dapat memahami materi dengan sangat baik serta sangat aplikatif dalam pengoperasian jurnal yang dikelola pada website OJS. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa jurnal-jurnal ilmiah pada FEB Unimal layak untuk menerbitkan karya ilmiah para penulis yang didasarkan pada kompetensi para pengelolanya.


Keywords


Jurnal Ilmiah, Pelatihan Pengelolaan Jurnal, Open Journal System (OJS)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v1i1.8226

Article Metrics

 Abstract Views : 268 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)