Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Bisnis Berbasis Syariah “Successful Business with Allah SWT”

Khairisma Khairisma, Hendra Raza, Marina Marina, Mursidah Mursidah, Yoesrizal Yoesrizal

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui seminar dengan tema "Successful Business with Allah SWT: Prinsip-Prinsip Bisnis Berbasis Syariah dan Keberkahan Ekonomi" ini diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2022 melalui platform Zoom di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat melalui pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip bisnis berbasis Syariah dengan fokus pada konsep 'Successful Business with Allah SWT.' Melalui presentasi, diskusi, dan pameran produk berbasis Syariah, peserta sosialisasi memperoleh wawasan mendalam tentang pentingnya etika bisnis dalam Islam dan bagaimana bisnis yang mematuhi prinsip-prinsip moral dan syariah dapat membawa keberkahan ekonomi. Hasil seminar mencerminkan peningkatan pemahaman peserta tentang prinsip-prinsip bisnis Syariah, praktik terbaik dalam mengelola usaha berdasarkan etika Islam, serta pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, artikel ini menggambarkan dampak positif yang timbul dari penerapan konsep ' Successful Successful Business with Allah SWT,' termasuk peningkatan keberkahan ekonomi, kemajuan komunitas, dan penyebaran pemahaman tentang bisnis berbasis Syariah.

 


Keywords


Pemberdayaan Ekonomi, Bisnis Syariah, Keberkahan Ekonomi, Etika Bisnis Islam, Successful Business with Allah SWT

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2014). BISNIS SYARIAH Manajemen (S. A. M. Budi Rahmat Hakim (ed.); 1st ed.). Aswaja Pressindo.

Ariyadi. (2018). BISNIS DALAM ISLAM. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13–26.

Halim, A. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN MAMUJU. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Norvadewi. (2015). BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif) Norvadewi. Al-Tijary, 1(1), 33–46.

T, D. E. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Daerah di Kebudayaan Indonesia Meningkatkan Peran Pemimpin Visioner untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik ( Good Governance ) Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Berbasis Iptek dalam Mewujudkan Ketahanan. In Jurnal Kajian LEMHANNAS RI (32nd ed., pp. 5–11).

Utomo, K. W., Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2021). ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP Konsep Berwirausaha Ilahiyah (1st ed.). Edu Pustaka.

Yumanita, A. D. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum (Seri Kebanksentralan) (Issue 14).

Yusuf, R. (2017). EKONOMI ETIS YANG BERDAMPAK SOSIAL DI INDONESIA. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Da Bisnis Islam, 1(2), 1–17.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v2i2.13299

Article Metrics

 Abstract Views : 94 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)