Pendampingan Pencegahan Stunting Dalam Bentuk Pendidikan, Kesehatan dan Kemiskinan Pada Masyarakat Desa Jambo Mesjid Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe

Ayu Anora, Sitti Aminah, Yusnidar Yusnidar, Surya Darni, Nurul Kamaliah

Abstract


Upaya penyadaran masyarakat dalam pencegahan stunting dalam bentuk pendidikan, kesehatan dan kemiskinan adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap stunting dengan mengadakan kegiatan pencegahan yang direncanakan oleh Walikota Lhokseumawe, Dinas Kesehatan, Universitas Bumi Persada dan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat yang ada di desa Jambo Mesjid Kecamatan Blang Mangat. Upaya penyadaran dalam pencegahan ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahayanya stunting. Penyebab stunting memiliki banyak faktor multidimensi, salah satunya praktik pengasuhan anak tentang gizi yang kurang baik, termasuk kurangnya pengetahuan ibu, kurangnya pendapatan kepala keluarga, dan rendahnya pendidikan masyarakat. PKM ini bertujuan untuk mengurangi jumlah stunting dari angka 42 balita angka stunting dan terjadi penurunan angka stunting sejumlah 14 balita yang masih menderita stunting. Metode yang digunakan dalam PKM ini yakni metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis data. Sampel dalam PKM ini merupakan masyarakat desa Jambo Mesjid yang berjumlah 725 jiwa. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner. Hasil yang didapat setelah simulasi terkait pemberian makanan tambahan terhadap balita stunting, pendidikan dibalai pengajian, serta simulasi terkait SDM dalam bidang UMKM dalam taraf peningkatan perekonomian masyarakat desa Jambo Mesjid Kecamatan Blang Mangat.

 

Kata kunci: Pendidikan, Kesehatan, Kemiskinan


Full Text:

PDF

References


Bappenas, 2014, Rencana Strategis Penanggulangan kemiskinan di Indonesia, Jakarta.

Dermawan, D. (2012). Proses Keperawatan Penerapan Konsep & Kerangka Kerja ( 1 st ed.). Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hidayat, A.S., & Nelle, F.W (2017). Analisis Pengaruh Belanja Pemerintah, Tenaga Kerja dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional. Jurnal Ekonomi Ekonomi Pembangunan, 15(1): 80-84.

Simanjuntak, 1998, Payaman, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbut Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Suharto, Edi. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial. Bandung: Penerbit Alfabeta.

__________. 1997. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumodiningrat, Gunawan. 1997. Kemiskinan: Teori, Fakta dan Kebijakan. Impact Edisi.

Supriatna, Tjahya. 1998. Birokrasi Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan. Bandung: Humaniora Utama Press.

_______________. 2000. Strategi Pembangunan dan Kemiskinan. Bandung. Rineka Cipta.

Sobandi, Baban. 2004. Etika Kebijakan Publik. Bandung. Humaniora Utama Press.

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Puslit KP2W Lemlit UNPAD.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2003. Kebijakan Publik yang Membumi. Yogyakarta: Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia dan Lukman Offset.

________________. 2003. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia dan Lukman Offset.

www.esaunggul.ac.id diindeks oleh Google lebih dari 10 tahun lalu

https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Strategi-Pengembangan-UMKM-Pedesaan-Menuju-Entrepreneurs-Village-Pada-Pasar-Global.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi

https://stitmakrifatulilmi.ac.id/2021/02/06/pengertian-pendidikan-agama-islam/




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v2i2.13294

Article Metrics

 Abstract Views : 104 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)