Mengembangkan Potensi Dan Kreativitas Desa Berbasis Edukasi Melalui Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Di Desa Mon Geudong Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Sullaida Sullaida, Nurmala Nurmala, Jummaini Jummaini, Nurlela Nurlela, Khairina AR Khairina AR

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui pelatihan pembuatan minuman sehat menjadi produk minuman jamu yang bernilai ekonomi. Hal ini dilakukan karena Kreativitas pengolahan tumbuhan herbal menjadi jamu adalah solusi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan imun tubuh dan meningkatkan pendapatan. Pemanfaatan tumbuhan herbal menjadi minuman jamu masih jarang dilakukan warga mon geudong. Pengabdian ini dilaksanakan di Gampong mon geudong Kota Lhokseumawe. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan terbimbing, metode diskusi grup, ceramah, partisipatif, dan latihan. Kegiatan Pengabdian ini membutuhkan beberapa tahapan yakni menjelaskan manfaat dan menyampaikan materi pembuatan minuman sehat, kemudian dilakukan praktek pembuatan minuman sehat dan juga memberikan latihan-latihan kepada ibu-ibu PKK. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK dapat memanfaatkan tumbuhan herbal menjadi jamu adalah solusi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan imun tubuh yang memiliki nilai ekonomi.

Kata Kunci : Tumbuhan Herbal, Jamu


Full Text:

PDF

References


Ahsan, F., Rahmawati, N. Y., & Alditia, F. N. (2020). Lawan Virus Corona: Studi Nutrisi untuk Kekebalan Tubuh. Airlangga University Press.

Izazi, F., & Kusuma, A. (2020). Hasil Responden Pengetahuan Masyarakat Terhadap Cara Pengolahan Temulawak Curcuma Xanthorrhiza) dan Kencur (Kaemferia galanga) Sebagai Peningkatan Imunitas Selama COVID-19 dengan Menggunakan Kedekatan Konsep Program Leximancer. Journal of Pharmacy and Science, 5(2), 93-97

Krisnawati, D., Trisiana, A., Mey, E., Elvidna, V., Puspita, Y. M. B., & Mardiana, Z.(2020). Ketahanan Negara Republik Indonesia Masa Pandemik COVID–19. JurnalGlobal Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 63-70.

Sunaryo, D. (2020). Optimalisasi Pendapatan Masyarakat Dalam Pembuatan Produk Bandrek Jahe Susu Sebagai Peningkatan Imunitas Disaat Pandemik COVID- 19 Di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sutana, I. G., & Dwipayana, A. P. (2020). Perilaku Konsumsi Jamu Covid-19. COVID- 19: Perspektif Agama dan Kesehatan, 41. Slamet, M. (Ed.), 1986, Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi, Edisi ke3, Universitas Lampung, Bandar Lampung

Sugiyono, (2017), metodelogi penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Alfabeta

Suprayitno, A. R. (2008). Pelibatan Masyarakat Lokal: Upaya Memberdayakan Masyarakat Menuju Hutan. Jurnal Penyuluhan, 4(2).

Wibowo, D. E., Madusari, B. D., & Ardianingsih, A. (2020). Pemberdayaan Keluarga Menghadapi Pademi COVID 19 Dengan Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Di Kelurahan Degayu Kecamatan Pekalongan Utara. PENA ABDIMAS, 1(1).

Widyantari, A. S. S. (2020). Formulasi Minuman Fungsional Terhadap Aktivitas Antioksidan. Widya Kesehatan, 2(1), 22-29.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v2i2.13293

Article Metrics

 Abstract Views : 114 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)