Pembuatan Pupuk Organik Sebagai Peluang Usaha Masyarakat Desa Bangka Jaya

Muhammad Syahrul Gunawan, Agustinawati Agustinawati, Muhammad Yusuf

Abstract


Pupuk merupakan bahan tambahan yang diberikan ke tanah dengan tujuan untuk memperkaya atau meningkatkan kondisi kesuburan tanah baik kimia, fisik maupun biologis. Pupuk pada umumnya terbagi menjadi 2 kelompok yaitu pupuk anorganik dan pupuk organik (kompos). Pada dasarnya pembuatan pupuk organik sangat membantu masyarakat desa Bangka Jaya sebagai salah satu peluang usaha. Penggunaan pupuk kompos sangat bermanfaat untuk masyarakat karena baik untuk menjaga kesehatan akar serta membuat akar tanaman mudah tumbuh. Kegiatan pembuatan pupukĀ  yang dihasilkan sesuai dengan metode anaerob. memanfaatkan limbah rumah tangga yang digunakan sebagai pupuk kompos tentunya sangat bermanfaat untuk para petani dalam membantu pemerintah untuk meyelesaikan masalah sampah yang saat ini telah menumpuk. Pupuk kompos pada umumnya warna yang sudah matang semakin coklat kehitaman, sementara bau kompos seperti tanah.

Kata kunci : Pelatihan, Pupuk organik, Peluang usaha


Full Text:

PDF

References


Djuarnani, N., dkk. 2005. Cara Cepat Membuat Kompos. Cetakan Pertama. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Yuwono, D., 2006, Kompos dengan Cara Aerob maupun Anaerob untuk Menghasilkan Kompos yang Berkualitas, Penebar Swadaya, Jakarta.

YSinaga, Damayanti, 2009, Pembuatan Pupuk Cair dari Sampah Organik dengan Menggunakan Boisca Sebagai Starter, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Indriani, Y. H., 2004, Membuat Kompos Secara Kilat, Penebar Swadaya, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v2i1.10977

Article Metrics

 Abstract Views : 280 times
 PDF Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)