Pengaruh Harga Diskon dan Promo Gratis Ongkir Pada Penggunaan Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh)

Elyza Umami, Hamdani H, Anwar Puteh, T Saifullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diskon dan gratis ongkir terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syari’ah Univeritas malikussaleh. Sejauh mana mahasiswa mengetahui tentang diskon, dan gratis ongkir yang di dapatkan apakah sudah dijalankan sesuai syariat Islam atau tidak. Nyatanya banyak hal-hal kecil yang berdampak pada perilaku konsumtif yang berasal dari apa yang mereka gunakan atau mereka konsumsi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 473 mahasiswa. Dengan sampel sebanyak 82 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode purpose sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi Statistical For Social Scince (SPSS). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa diskon secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Nilai t hitung untuk variabel Diskon diperoleh sebesar -213, dengan tingkat signifikan 0,832. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,990. Gratis ongkir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif terhadap mahasiswa. Nilai t hitung untuk variabel Gratis Ongkir diperoleh sebesar 4,148, dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,990. Berdasarkan uji f diketahui bahwa variabel diskon dan gratis ongkir secara signifikan berpengaruh dalam perilaku konsumtif mahasiswa. Angka R Square sebesar 17,2 menunjukkan bahwa 17,2% variabel Diskon dan gratis ongkos kirim mampu menerangkan variasi variabel perilaku konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh sebesar 17,2  sisanya sebesar 83,8 atau 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.


Keywords


Harga diskon, Gratis ongkir, dan Analisis Regresi Linier Berganda.

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). PENGARUH PROMO OVO TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI GRAB ( Studi Korelasi tentang Pengaruh Promo OVO terhadap Penggunaan Aplikasi Grab pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara ). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Adinda, A. A. (2021). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Konsumen Yogya Sunda Department Store di Kota Bandung). Manajemen Pemasaran, 15–33. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5141/

Alma (2019 :169). (2019). Alma (169),. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Ariana, R. (2016). perilaku konsumtif. 2002, 1–23.

Betawi. (2012). jual beli online shop melalui platfrom instagram. Cd, 1–35.

Bohang, F. K. (2018). Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS - Kompas.com. Kompas.Com, 2018, 5. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/11/11370017/membandingkan-kesetiaan-pengguna-android-dan-ios

Change, G., Cimino, M., York, N., Alifah, U., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Chinatown, Y., Staff, C., & Change, G. (2021). pengaruh diskon dan promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Manajemen, 1–114.

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Hormonal. Universitas Diponegoro, October, 14.

Dewi, T., Masruhim, M. A., & Sulistiarini, R. (2018). Metodologi Penelitian. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, April, 5–24.

Eka, wardani putri. (2015). Aplikasi Tiktok. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). pengaruh diskon harga,Endorsement,dan viral marketing terhadap keputusan pembelian di tiktok shop.

Febriana, D. E. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken (Studi Kasus Di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri). Ethese Lain Kediri.

Fitri, D. C. (2017). Pengaruh Price Discountdan Bonus Pack terhadap Impulse Buying di Giant Ekstra (Survey pada Konsumen Giant Ekstra di Hyperpoint Pasteur Bandung). Diploma Thesis, Universitas Komputer Indonesia., 16–45.

Ghozali Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Hidayah, I. (2018). Pengaruh penerapan aplikasi Sistem Informasi Penilaian (SIP) Bandung Juara dalam meningkatkan kinerja camat dan lurah Kota Bandung tahun 2016-2017. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/, 1, 1–143.

Ii, B. A. B. (2012). KERANGKA TEORI A . Deskripsi Teori a ) Pengertian Analisis Isi. 3, 9–39.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2007). pengaruh diskon pada pembelian di e-commerce shopee. 2003, 12–31.

Ii, B. A. B., Teori, A. D., Pengertian, T., & Pembelajara, S. (2012). Kajian Pustaka. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Iii, B. A. B. (2020). Uji simultan dan parsial. 24–41.

Iii, B. A. B., Populasi, A., & Penelitian, S. (2011). Ninoy Yudhistya Sulistiyono, 2013 Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu 19. 19–29.

Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Deponegoro.

Islamiyah, H. (2020). Pengaruh Intensitas Menggunakan Tik Tok Terhadap Perilaku Body Shaming Anak. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 205. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.6640

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Lailiya, S. M. (2020). Implikasi Trend Fashion Terhadap Perilkau Sosial Calon Pendidik (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kediri). Skripsi, IAIN Salatiga, 1(Viii), 1–98.

Manajemen - ITI. (1991). 1–7.

Marpaung, I. (2022). Pengaruh Iklan , Sistem Cod , Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Sumatera Utara ). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi UNSRAT, Vol. 9(3), hlm. 1477-1491.

Muhamad, H. (2019). Metodologi Penelitian. 34–44.

Muqodim. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak(Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018). Journal Unuversitas Islam Indonesia, 40–48.

Mussardo, G. (2019). Sumber Data Penelitian. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Putri, S. Y. (2021). Pengaruh Harga Tiket Pesawat dan Kualitas Pelayanan Bandar Udara terhadap keputusan pembelian Tiket Pesawat di Masa Pandemik Covid-19 Pada Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali. 2011, 17–38.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013a). gaya hidup hedonis. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013b). potongan harga. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2016, 12–26.

Salsabila Akbar, A. (2022). Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengguna Tokopedia Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). 21.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap niat pembelian secara online pada platform e-commerce lazada Indonesia. Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83.

Setyawati, H. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Accounting and Management Journal, 5(1), 39–46.

Sugiyono. (2010). skripsi BAB III sugiyono. 28–34.

Sukmadinata NS. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. 63–94.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan; Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta, 8.5.2017, 1–20.

Swasta, B. (2018). Promosi. Promosi, 1–62.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.

trend media sosial dalam komunikasi pemasaran. (2010). 3(4), 12–69.

WIDODO, R. (2022). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Flash Sale Dan Cash on Delivery, Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Shopee Pada …. http://repository.uin-suska.ac.id/58433/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/58433/2/SKRIPSI RIZKI WIDODO.pdf

Yunita, I. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Iain Bukittinggi Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.

Zamrodah, Y. (2016). Harga Diskon. 15(2), 1–23.

Zamrodah, Y. (2019). Effect of Lifestyle, Egoistic values and Biosphere Values on Willingness to Pay (WTP) Organic Rice. 15(2), 1–23.


Article Metrics

 Abstract Views : 956 times
 PDF Downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Journal of Sharia Economics Scholar (JoSES)

ISSN : 2302-6219