Kampanye “Indonesia Bebas Sampah 2025” di SMK Negeri 1 Meulaboh Menggunakan Teknik Komunikasi Persuasif

Al Zuhri, Lora Regina Manurung, Ulfa Rahayu, Alfikia Alfikia, Wira Siti Anisah Berutu, Riska Riska

Abstract


Orientasi dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa agar peka terhadap kebersihan lingkungan dengan sanitasi sederhana yaitu tidak membuang sampah sembarangan. Pelaksanaannya dilakukan secara kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar dari angkatan 2021. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 November 2022 ini menjadikan SMK Negeri 1 Meulaboh, Jalan Bakti Pemuda, Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat sebagai target pengabdian. Adapun yang menjadi subjek dari kegiatan ini adalah para siswa dari kelas XI, Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang terdiri dari dua kelas yaitu OTKP 1 dan 2 dengan jumlah siswanya adalah 30 orang. Pengabdian mengenai kebersihan lingkungan ini dilakukan dengan metode kampanye melalui teknik komunikasi persuasif yang meliputi integrasi, asosiasi, pay off, dan fear arousing. Rangkaian perjalanan pengabdian dilaksanakan dengan: (1). Mengutip sampah di sekitar kelas terlebih dahulu, (2). Memberikan pre test sebelum melakukan kampanye untuk mengukur pengetahuan siswa, (3). Memaparkan materi kampanye “Indonesia Bebas Sampah 2025”, dan (4). Membagikan post test kepada para siswa sebagai penilaian dan evaluasi akhir dari pengabdian yang dijalani. Hasilnya ditemukan bahwa dari 30 siswa SMK Negeri 1 Meulaboh yang menjadi peserta kampanye, semuanya sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang sampah mulai dari cara mengidentifikasi jenisnya, dampak yang ditimbulkan dari buang sampah sembarangan, malahan sampai dengan pemahaman mengenai cara mengolah sampah menjadi barang-barang estetis bahkan komersial. Artinya, siswa memiliki pengetahuan yang baik dan mendasar tentang sampah. Kemudian, meski total dari siswa sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang sampah, akan tetapi di lapangan mulai dari observasi awal sampai dengan hari pengabdian dilakukan, tim kami mendapati bahwa masih saja ada sampah berserakan. Artinya, di sini masih ada permasalahan, yaitu kurangnya kesadaran dan keseriusan dari siswa. Dengan kondisi tersebut, tim memutuskan untuk memfokuskan pemberian materi pada revitalisasi pemahaman, kesadaran, kepekaan, dan kepedulian siswa melalui kampanye intens seperti gebrakan yang tim rintis.


Keywords


Ekoliterasi; Indonesia Bebas Sampah 2025; Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Fadjarwati, N., Suciyani, W. O., Yusup, M., Oktavia, H. C., Sastrawan, J., Sayuti, A. M., & Pramono, T. D. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Sekolah Melalui Penataan Lingkungan Sebagai Upaya Mewujudkan Green School di SDN 231 Sukaasih Kota Bandung. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 3(2), 1-20.

Harinawati, Harinawati et al. (2022). “Pengabdian Bersih Pantai Wisata Krueng Geukueh Kolaborasi Mahasiswa Baru, Alumni Dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi.” Jurnal Malikussaleh Mengabdi 1(2): 73.

Irman, Joy. (2011). "Peraturan Menteri Dalam Negeri No 33 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Persampahan". Diakses Senin, 2 Januari 2023 melalui https://www.slideshare.net/metrosanita/permendagri-no-33-2010-pengelolaan-persampahan.

Iskandar, A. A. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan Dan Keamanan Lingkungan Secarapartisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong Dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 79-84.

JDIH BPK RI, "Pengelolaan Sampah". Diakses Minggu, 1 Januari 2023 melalui https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39067/uu-no-18-tahun-2008.

Khoiri, Ahmad Masaul. (2021). "Hari Bumi Sedunia: Indonesia Canangkan Bebas Sampah 2025". Diakses Minggu, 1 Januari 2023 melalui https://travel.detik.com/travel-news/d-5544158/hari-bumi-sedunia-indonesia-canangkan-bebas-sampah-2025.

Prawati, Eri, Masherni, Septyanto Kurniawan, dan Sari Utama Dewi. (2021). “Sosialisasi Lingkungan Bersih Sehat Untuk Perumahan Desa Bumiharjo, Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 5(1): 17–21.

Sembiring, D., Frida, E., & Panggabean, I. P. T. (2018). Pengelolaan Sampah Lingkungan Berbasis Masyarakat Sebagai Pilot Project Pengelolaan Sampah pada Perumahan Nasional Simalingkar Medan. JUITECH: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality, 2(2).

Yasril, Y., & Nur, A. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Jurnal Dakwah Risalah, 28(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9896

Article Metrics

 Abstract Views : 274 times
 PDF Downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Zuhri, Lora Regina Manurung, Ulfa Rahayu, Alfikia Alfikia, Wira Siti Anisah Berutu, Riska Riska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141