Pelatihan Pengolahan Data menggunakan SEM PLS bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FEB Universitas Malikussaleh

Nazaina Nazaina, Hendra Raza, Nur Faliza Nur Faliza

Abstract


Banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya paham tentang pengolahan data hasil penelitian yang dilakukan sehingga pada saat sidang skripsi mahasiswa tidak dapat memberikan argumen tentang alat analisis yang digunakan dan cara menginterprestasikan hasil dari alat analisis tersebut.Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman penerapan metode SEM-PLS dalam mengolah dan menganalisis serta menginterpretasikan out put hasil pengolahan data.dan pendampingan bagi mahasiswa yang menolah data menggunakan software SEM PLS. Penyelesaian permasalahan dilakukan dengan dua cara yaitu pelatihan tentang dasar-dasar penenggunaan SEM PLS, tahapan-tahapan dalam SEM PLS serta interpretasi dari output SEM PLS dan melakukan pendampingan terhadap mitra.Target luaran dari pengabdian ini adalah dari aspek pelatihan adalah adanya peningkatan pemahaman mitra tentang pengolahan data dengan menggunakan SEM PLS. Dari aspek pendampingan membantu mahasiswa yang mengolah data penelitian dengan menggunakan SEM PLS.

 


Keywords


Pelatihan, Pengolahan Data, SEM PLS

Full Text:

PDF

References


Budiarsi, S. Y. (2020). Pendampingan Pengenalan Program SEM-PLS Pada Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Surabaya. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 126-134.

Ghozali, H.I & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi, menggunakan program Smart PLS 3.0. Badan Penerbit-Undip

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review.

Hustia, A., Arifai, A., Afrilliana, N., & Novianty, M. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS Bagi Mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2050-2061.

Marliana, R. R. (2021). Pelatihan PLS-SEM Menggunakan Smart PLS 3.0 Dosen Matakuliah Statistika FISIp UIN Sunan Gunung Djati Bandung. JUrnal Abdimas Sang Buana, 2(2), 43-50.-50

Margayaningsih, D. I. (2018). Peran Masyarakat Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa. Publiciana, 11(1), 72-88..




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9430

Article Metrics

 Abstract Views : 366 times
 PDF Downloaded : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nazaina Nazaina, Hendra Raza, Nur Faliza Nur Faliza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter