PENYULUHAN DAN PELATIHAN PERTAHANAN DIRI TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA SLTA DI KOTA LHOKSEUMAWE

Iskandar Iskandar, Juwita Sahputri

Abstract


Pendidikan seks adalah upaya pengajaran berbasis kurikulum tentang aspek kognitif, emosional, fisik dan sosial dari seksualitas yang bertujuan untuk membekali anak dengan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai agar mereka menyadari kesehatan reproduksi mereka, mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang saling menghormati dan memastikan perlindungan hak-hak mereka sepanjang hidup mereka. Rata-rata 50% atau diperkirakan lebih dari 1 milyar anak-anak di dunia berusia 2- 17 tahun, mengalami kekerasan fisik, seksual, emosional, dan penelantaran pada tahun 2016. Lhokseumawe tercatat menjadi peringkat ke-4 kasus kekerasan terhadap anak pada tahun 2019 di Provinsi Aceh. Penyampaian terkait edukasi seks idealnya diberikan pertama kali oleh orang tua, namun umumnya orang tua menganggap edukasi seks merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan kepada anak. Tujuan pengabdian ini untuk menciptakan kader yang paham akan kekerasan seksual serta memiliki keterampilan self-defense sehingga dapat menjadi peer educator bagi teman sebayanya.  Pengabdian ini melibatkan 150 orang siswa SMA yakni 50 orang dari setiap sekolah (SMA-BP An Nahla, Madrasah Aliyah Ulumuddin, dan Madrasah Aliyah Negeri I Kota Lhokseumawe) dengan metode pemberian edukasi mengenai kekerasan seksual serta pelatihan keterampilan self-defense yang diakhiri dengan roleplay dan evaluasi berupa ranking 1 sehingga akan tercipta kader yang paham akan kekerasan seksual dan mereka dapat menegedukasi lebih banyak teman-temannya lagi mengenai hal yang tabu namun penting ini.


Keywords


Kekerasan Seksual, Pendidikan seks, Pertahanan Diri

Full Text:

PDF

References


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak “P2TP2A Rumoh Putroe Aceh.” Tabel Bentuk-Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Provinsi Aceh. Aceh;2019.

Iskandar, Zubir. Karakteristik Kasus Kekerasan Seksual Pada Perempuan Di Blud Rumah Sakit Cut Meutia Berdasarkan Visum Et Repertum Periode Tahun 2018. Averrous, Vol. 6: No. 1 (Mei, 2020); 2020

KPAI. Rincian Data Kasus ABH, Trafficking dan Eksploitasi pada anak [Internet]. Komisi Perlindungan Anak Indonesia.2016 [cited2019Nov6]p.1.Available from: https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-per-bulan/rincian-data-kasus-trafficking-dan-eksploitasi-2015

Sarwono SW. Psikologi Remaja. Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa; 2011.1–344p.

UNESCO. International technical guidance on sexuality education. United Nations Educational Scientific and Cultural Organization SDGs. 2018. p.1–138.

Unit PPA Polres Lhokseumawe. Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak tahun2015-2019 kota Lhokseumawe. Lhokseumawe;2020.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9424

Article Metrics

 Abstract Views : 187 times
 PDF Downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iskandar Iskandar, Juwita Sahputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter