Time Saving is Life Saving : Pelatihan Early Warning Scoring System dan Code Blue untuk Tenaga Kesehatan Ruang Rawat Inap RSUD Cut Meutia Aceh Utara

Anna Millizia, Adi Rizka, Wizar Putri Mellaratna

Abstract


Pelayanan yang bermutu dan aman dilaksanakan pada semua pelayanan di rumah sakit. Rumah sakit menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap dan pelayanan gawat darurat.Rawat inap merupakan bagian integral dari pelayanan rumah sakit yang memberikan semua pelayanan dan jenis penyakit. Tindakan  pelayanan di rawat inap dilakukan sesuai dengan kebutuhan fisiologis pasien. Hal ini dikarenakan perburukan kondisi pasien dapat terjadi sewaktu-waktu. Keberhasilan penanganan kegawatan henti jantung meningkatkan harapan hidup pasien. Penanganan kegawatan oleh rapid response team telah menurunkan 17- 65% angka kejadian henti jantung di rumah sakit setelah intervensi. Penurunan angka transfer emergensi yang tidak direncanakan ke ICU dan meningkatnya harapan hidup pasca henti jantung di rumah sakit. RSUD Cut Meutia belum mengaplikasikan system peringatan dini untuk mengetahui perburukan kondisi pasien. Salah satu sistem yang dikembangkan untuk mendeteksi perburukan kondisi pasien adalah early warning score system (EWSS). EWSS merupakan  sistem deteksi dini berdasarkan perubahan fisiologi pasien untuk meminta bantuan dalam mengatasi masalah kesehatan pasien. Kegiatan ini bertujuan hntuk meningkatkan keterampilan tenaga kesehatan dalam deteksi dini masalah kegawatdaruratan pada pasien rawat inap dengan menggunakan Early Warning Scoring System (EWSS) dan akivasi dari code blue di rumah sakit. Adapun metode yang digunakan dalam rangka menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan memberikan edukasi dan pelatihan keterampilan metode EWSS dan code blue pada tenaga kesehatan rawat inap di RSUD Cut Meutia Aceh Utara. Target dari pelaksanaan program pelatihan dan edukasi ini adalah Tersedianya tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan  yang baik tentang EWSS dan code blue. Selain itu, pengabdian ini juga diharapkan mampu untuk menghasilkan luaran dalam bentuk publikasi di media cetak/elektronik dan jurnal pengabdian masyarakat.

 

Kata kunci : Rapid response team, Early warning scoring system, code blue


Full Text:

PDF

References


Blewer, A. L., Leary, M., Esposito, E. C., Gonzalez, M., Riegel, B., Bobrow, B. J., & Abella, B. S. (2012). Continuous chest compression cardiopulmonary resuscitation training promotes rescuer self-confidence and increased secondary training: a hospital-based randomized controlled trial*. Critical care medicine.

Dame, R.B., Kumaat, L.T., Laihad. M.L., (2018). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Code blue Sistem di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. 2015;4(4):1586–96.

Ahmed SM, Kapoor MC, Rao SC, Mishra BB, Kalandoor MV, et al, (2017). Comprehensive cardiopulmonary life support (CCLS) for cardiopulmonary resuscitation by trained paramedics and medics inside the hospital. Indian J Anaesth ;61:883-94.

Putra IAS. Update Tugas Tim Code Blue. Cdk. 2019;46(11):681–5.

Institute For Clinical Systems Improvement, (2011). Health Care Protocol: Rapid Response Team,

Fan, W., Vadyak, K., Biege, C. and Krishnamurthy, M. (2015). Modified Early Warning System improves patient safety and clinical outcomes in an academic community hospital. Journal of Community Hospital Internal Medicine Perspectives,

MD & Amin, M. (2011). Code Blue System. Emergency and Trauma Departmrnt, Hospital Sultanah Aminah Johor Bahru.

Aminuddin, (2109). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapan Perawat Dalam Menangani Cardiac Arrest Di Ruangan Iccu Dan Icu Rsu Anutapura Palu. Jurnal Keperawatan Sudirman, 2018;44 (10); 114-2.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9397

Article Metrics

 Abstract Views : 220 times
 PDF Downloaded : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anna Millizia, Adi Rizka, Wizar Putri Mellaratna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter