Budidaya Hidroponik Tanaman Kangkung Dengan Sistem Nft (Nutrient Film Technique) Bagi Masyarakat Desa Lancang Garam Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Zulkifli Zulkifli, Rosnina Rosnina, Khaidir Khaidir, Martina Martina, Riani Riani

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Budidaya Hidroponik Tanaman Kangkung Dengan Sistem (Nft) Bagi Masyarakat Desa Lancang Garam Kecamatan Banda  Sakti Satu Kota Lhokseumawe” bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pertanian kontemporer khususnya metode hidroponik dengan sistem NFT. Metode kegiatan  yang digunakan adalah pemberdayaan masyakarat. Pengabdian dengan skema pembinaan desa lingkungan ini melalui sejumlah tahapan antara lain: survei tempat dan pengurusan perijinan kegiatan, menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan, memberikan  pengetahuan budidaya hidroponik dengan sistem (NFT), alat dan bahan budidaya hidroponik tanaman kangkung dengan sistem (NFT), cara menyemai bibit kangkung, dan cara untuk mengukur kadar kepekatan nutrisi AB-mix.  Serta melakukan praktik langsung cara kerja budidaya hidroponik dengan sistem (NFT). Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan dengan sembilan indikator yaitu metode/penyampaian materi, pengetahuan sistem NFT, alat dan bahan budidaya, tahapan proses budidaya hidroponik, manfaat pengabdian, solusi yang ditawarkan, kualitas pengabdian, pelaporan akhir, dan rencana tindak lanjut dengan responden 30 orang peserta ditemukan bahwa 52% peserta sangat puas, 38% puas dan 10% cukup puas dengan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil survei ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan berhasil dengan adanya kepuasan mitra dan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang budidaya hidroponik tanaman kangkung dengan sistem (Nft). Pengabdian selanjutnya disarankan untuk lebih mengembangkan sistem hidroponik lainnya disertai pendampingan berkala untuk mengoptimalkan proses dan hasil budidaya hidroponik.


Keywords


Hidroponik, Tanaman Kangkung, Sistem NFT

Full Text:

PDF

References


Hartus, T. (2008). Berkebun Hidroponik Secara Murah. Edisi IX. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Lingga, P. (2011). Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Cetakan XXXII. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.

Prayitno, S. (2018). Nutrisi Hhidroponik, Materi Pelatihan. Goodplant Indonesia. Yogyakarta

Schnitzler, W. H. (2013). Urban hydroponics–facts and vision. SEAVEG 2012 High Value Vegetables in Southeast Asia: Production, Supply and Demand, 285.

Siti Nurdianti Sholihat, M. Ramdlan Kirom dan Indra Wahtudhin Fatonah. (2018). Pengaruh Kontrol Nuutrisi Pada Tumbuhan Kangkung dengan Metode Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT), e-proccedding of engineering vol. 5 no.1 Maret 2018.

Untung, O (2000). Hidroponik Sayuran Sistem NFT (Nutrient Film Technique). Penerbit Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9166

Article Metrics

 Abstract Views : 281 times
 PDF Downloaded : 374 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulkifli Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter