Pemanfaatan E-Commerse Untuk Meningkatkan Penjualan Ikan Dan Produk Olahannya di Desa Alur Bemban Aceh Tamiang

Teuku Hadi Wibowo Atmaja, Rizalul Akram, Muhammad Zaki

Abstract


Ikan air tawar adalah salah satu komoditi unggulan dari desa Alur Bemban, kecamatan karang baru, kabupaten Aceh Tamiang. Salah satu kelompok masyarakat yang menjalankan usaha ini adalah POKDAKAN Ingin Maju. Kelompok ini mengembangbiakan ikan gurami, nila, lele, dan ikan hias moli. Selain memproduksi bibit dan ikan dewasa, juga memproduksi olahan makan dari ikan yaitu ikan salai lele, nila, dan gurami. Dari sisi produksi bahan mentah dan bahan jadi sudah sangat memadai dilakukan oleh UKM ini. Pemasaran produk saat ini masih dilakukan secara manual, misalnya melalui agen atau pembeli yang datang membeli langsung. Belum adanya outlet toko dan onlineshop menjadi permasalahan UKM saat ini dalam memperluas pemasaran guna menggonjot keuntungan yang lebih besar. Akibat dari terbatasnya pemasaran produk dari UKM ini terkadang tidak terjual dengan jumlah yang sesuai harapan. Hal ini tentu merugikan UKM yang berimbas pada Income ekonomi anggota UKM. Beberapa solusi pemasaran online yang dapat dilakukan adalah melalui web e-commarce, marketplace facebook.com, dan pemanfaat Instagram untuk promosi. Tim PKM Unsam berupaya menyelesaikan permasalahan POKDAKAN Ingin Maju ini dengan solusi penerapan web e-commarce. Website yang dibangun memiliki spesifikasi penjualan yang sama dengan web e-commarce pada umumnya, tetapi memiliki kelebihan fasilitas chat yang langsung terhubung ke Watshap. Dalam pelaksaan PKM ini guna dapat mencapai tujuan tim menggunakan metode pelatihan kepada mitra POKDAKAN Ingin Maju yang terdiri dari (1) sosialisasi; (2) persiapan; (3) percobaan; (4) pelatihan; (5) monitoring; (6) evaluasi. Hasil dari penerapan sistem ini telah dapat menyelesaikan permasalahan pemasaran UKM POKDAKAN Ingin Maju dengan adanya peningkatan penjualan. Penerapan e-commarce dalam 1 (satu) bulan pertama mencatat 14 penjualan dan 126 terlihat. Ini awal yang sangat baik dan diharapkan dapat terus terjadi peningkatan

Keywords


e-commarce POKDAKAN Ingin Maju

Full Text:

PDF

References


Amelia, R. (2018). Sistem Informasi Penjualan Oleh-Oleh Menggunakan Metode Customer Relationship Management (Studi Kasus : Toko Keripik Lampung). Universitas Teknokrat Indonesia: Toko Keripik Lampung.

Dewi, d. (2021). Pemanfaatan Pisang Kapasan Sebagai Produk Olahan Kripik Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), hlm. 1689–1699. (Vol. 4). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.

Heri Irawan, R. A. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Penjualan Kripik Ud Aduhai Gampong Karangnyar Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Langsa: Seminar Nasional Teknik Industri [SNTI2017].

Lebrina Ivantry Boikh1, S. A. (2021). Model Penjualanikan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Toko Ikankoe Di Kota Kupang. Kupang: Jurnal Bahari Papadak.

Mumtahana, H. A. (2017). Pemanfaatan Web E-commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran (Vol. 3). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika.

Yovi Apridiansyah, A. W. (2019). Aplikasi E–Commerce Hasil Laut Bengkulu. Bengkulu: JUSIBI - (Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis).




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v1i2.8999

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teuku Hadi Wibowo Atmaja, Rizalul Akram, Muhammad Zaki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141