Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyiaran Keagamaan Dan Informasi Masjid Di Kota Lhokseumawe

Muhammad Fazil, Asrul Fahmi

Abstract


Kajian ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyiaran Keagamaan Dan Informasi Masjid Di Kota Lhokseumawe”. Penyediaan sarana peralatan untuk mendukung hadirnya konten media social belum menjadi prioritas masjid, walau terlihat ini menjadi penting dalam menjalankan fungsi dakwah oleh masjid. Hal ini juga terhambat oleh pemahaman yang sempit akan media social serta kondisi budaya setempat. Terlebih lagi minimnya sumber daya manusia yang paham dengan penggunaan media social. Kajian  ini  bertujuan  melihat  dan  mendeskripsikan  akan  Pemanfaatan media online di beberapa masjid di kota Lhokseumawe untuk menghadirkan penyiaran keagamaan dalam media social seperti facebook dan Youtube dengan kegiatan pelatihan pemanfaatan media social pada pengurus masjid di Kota Lhokseumawe. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data observasi dan dokumentasi telah dijalankan dalam kajian ini dengan Assement lapangan di 10 (sepuluh) Masjid di wilayah kecamatan Banda Sakti kota Lhokseumawe untuk melihat penerapan teknologi, Penentuan strategi, Sosialisasi dan pemberian materi perkenalan media social. Hasil kajian mendapati bahwa penyelenggaraan pelatihan menambah pengetahuan dan perubahan pola pikir pada pengurus masjid akan pemanfaatan media sosial selama ini. Terutama dalam pemanfaatan media sosial facebook dan youtube. Hasil observasi dan wawancara singkat pada beberapa peserta tentang output yang didapati oleh peserta, dimana pelatihan ini mendapat tanggapan positif serta keinginan para peserta untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang pemanfaatan media sosial kepada pengurus masjid dan untuk segera mengupayakan penerapan hasil pelatihan di masjid masing-masing.


Keywords


Pelatihan Dasar, Media Sosial, Penyiaran Keagamaan dan informasi, masjid

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zuhdi, (2016). Dakwah sebagai Ilmu dan Perspektif Masa Depannya, Bandung: Alfabeta

Anwar Arifin Andipate, (2015). Strategi Dakwah Perspektif Ilmu Komunikasi, Depok: Khalifah Mediatama

Boyd. (2009). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Dijk,V. (2013). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Dudung Abdul Rohman. (2019). Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung Issn 2085-4005 Volume Xiii Nomor 2 Tahun 2019. Hal. 111-133

Machyudin Agung Harahap, Susri Adeni, (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional Fis Unived Vol.7 No.2 Desember 2020. Hal.13 – 23.

Mandibergh. (2012). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Meike dan Young. (2012). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Potter, J. (2019). Media Literacy. Edisi 9. Los Angeles, Sage Publication.

Rulli Nasrulllah, (2016). Media Sosial, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Tenia. (2017). Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial dengan insomnia pada remaja di sma muhammadiyah 7 yogyakarta. Jurnal Kesehatan, 2, Hal.121-129




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v1i2.8077

Article Metrics

 Abstract Views : 186 times
 PDF Downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Fazil, Asrul Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141