PKM Peran Remaja dalam mencegah Bahaya Kecanduan Gadget di Gampong Simpang Empat Kecamatan Simpang Keuramat

Angga Pratama, Fadliani Fadliani, Bakhtiar Bakhtiar, Emi Maulani, Zahratul Fitri

Abstract


Bahaya pengaruh dalam penggunaan game online pada handphone dan gadget secara umum dapat berdampak negatif pada perkembangan anak-anak dan remaja, terutama dalam aspek sosial dan perilaku. Dampak dari bahaya gadget meliputi Anak menjadi pasif dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. kedua Anak menjadi kurang disiplin dalam menjalankan kewajibannya. ketiga Anak menjadi egois, kurang simpati, dan kurang kerjasama. Selain itu, penggunaan gadget juga berdampak pada pola pikir, rasa, dan perilaku manusia. Tujuan pengabdian ini untuk bahaya penggunaan gadget dan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku anak.  Meskipun penggunaan gadget dapat berdampak pada orang dewasa, anak-anak juga tidak luput dari dampaknya. Namun, perlu diingat bahwa dampak ini bukanlah hasil yang pasti dan dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti durasi dan intensitas bermain game, jenis game yang dimainkan, dan dukungan serta pengawasan dari orang tua. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami dampak potensial dari game online dan gadget, dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola penggunaan anak oleh anak-anak. Ini dapat mencakup pembatasan waktu bermain, pemilihan game yang tepat, dan pengawasan orang tua. Diharapkan dengan adanya pengabdian ini, peserta pengabdian dapat lebih bijaksana dalam mengatur jadwal dalam bermain game dan penggunaan gadget. Selanjutnya hasil dari pengabdian ini dampak penggunaan gadget berdampak pada perilaku anak berkategori cukup dan diharapkan agar peserta pengabdian dapat mengatur jadwal dalam penggunaannya.


Full Text:

PDF

References


Ali Nugraha, dkk.. 2011. Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat. Jakarta: Universitas Terbuka

Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius

Asmawati, Luluk dkk. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Asro, M., & Sidik, D. M. (2020). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata bagi Peserta Anak Didik pada Sosialisasi Pengaruh Gadget. Al-Khidmat, 3(1), 39-43.

Basri, A. I., Aulia, A., & Tisya, V. A. (2022). Pendekatan Dialogis & Edukasi E-safety parenting Sebagai Upaya Mereduksi Kecanduan Gadget Anak dan Remaja di Desa Mubung, Kalimantan Barat. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 60-68.

Borba Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta)

Social, W. A. (2021). Hootsuite.(2021). Digital 2021 Global Overview Report. We are Social.

Frahasini, F., Astuti, T. M. P., & Atmaja, H. T. (2018). The Impact of The Use of Gadgets in School of School Age Towards Children's Social Behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 161-168.

Haryani, P. (2019). Sosialisasi E-Safety Parenting Sebagai Smart Solution dalam Pendampingan Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 83-92.

Handila, V. (2021). Dampak Game Online Handphone Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Padang Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 70-73.

Hidayanto, A. N. (2021, 12 20). Apa Itu Teknologi, Bagaimana Perannya untuk Pendidikan yang Lebih Baik. Diambil kembali dari Jabfung PTP: https://www.youtube.com/watch?v=FqScjA3CBSw.

Indriyani, M., & Sofia, A. (2018). Persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood Issues, 1(1).

Hornby, A. S. (2003). Oxford advanced Learner’s Dictionary. New York.

Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK 2017 Serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi.

Maulida, N., & Arsyati, A. M. (2020). Gambaran Peran Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Usia 10-12 Tahun Dalam Penggunaan Gadget Di Sdn Kayu Manis 2 Kota Bogor Tahun 2019. Promotor, 3(1), 64-71.

Mellynia, R., Trisiana, A., Viyani, N. N., Safitri, F., Handayani, N. T., & Sholehah, I. N. (2020). Bersatu Melawan Covid 19 Dengan Hidup Sehat Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 24-38.

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425-5436.

Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17-22.

Suryaningsih, S. I. (2022, 02 14). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19. Diambil kembali dari PUSDATIN KEMENDIKBUD: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/

Teguh. (2019, 02). Dampak Kemajuan IPTEK Pada Kehidupan Generasi Muda Di Bidang Pendidikan Dan Sosial. Diambil kembali dari SCRIBD: https://id.scribd.com/doc/217854597/Karya-Ilmiah-Dampak-Kemajuan-IPTEK-Pada-Kehidupan-Generasi-Muda-Di-Bidang-Pendidikan-Dan-Sosial

Warisyah, Y. (2019, June). Pentingnya “pendampingan dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 130-138).

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.14431

Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 angga pratama, Fadliani Fadliani, Bakhtiar Bakhtiar, Emi Maulani, Zahratul Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter