Penerapan Pengembangan Website bagi Perangkat Desa Gampong Reulet Timu untuk Digitalisasi Teknologi Informasi

Veri Ilhadi, Cut Agusniar, Muthmainnah Muthmainnah, Asran Asran, Ezwarsyah Ezwarsyah

Abstract


Pengabdian ini berfokus pada pengembangan Sistem Informasi Website untuk Perangkat Desa Gampong sebagai bagian dari upaya digitalisasi teknologi informasi di tingkat gampong. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pemerintahan lokal. adapun langkah-langkah pengabdian ini melihat tata letak web gampong dalam siklus hidup sistem, meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Tujuan pengabdian ini untuk memudahkan perangkat gampong dalam mengakses dan mengelola berbagai jenis informasi, seperti data UMKM, data administrasi, dan berita desa. Teknologi informasi telah menjadi elemen kunci dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pemerintahan di tingkat lokal. Hasil pengabdian ini untuk mengimplementasikan sistem informasi berbasis web yang dapat digunakan oleh perangkat desa Gampong untuk mengelola informasi dan layanan di tingkat desa. Selain itu, hasil pengabdian ini dapat juga sebagai sistem ini juga akan mendukung berbagai layanan online, seperti pengajuan permohonan izin, pengaduan masyarakat, dan penyebaran informasi publik. Hasil pengabdian ini adalah untuk memudahkan warga gampon mengempangkan sistem informasi yang dapat membantu perangkat desa Gampong dalam mengelola informasi dan layanan di tingkat desa dengan lebih efisien dan efektif. Ini diharapkan dapat menjadi proses penggembangan web awal dalam proses digitalisasi teknologi informasi di tingkat gampong.


Full Text:

PDF

References


Efendi S, Pally Taran J. Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien – Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya - J Pengabdi Masy. 2022;1(1):1-7. doi:10.47498/meuseuraya.v1i1.1059

Firdaus, I., & Riyanto, R. (2016). Perancangan website pemerintah desa sebagai media penyebaran informasi bagi masyarakat dengan metode waterfall. Jurnal Sainstech, 2(6), 34-40.

Ula, M., Salahuddin, S., Syukriah, S., Maulani, E., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 72-75.

Mukhsin M. Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi. Teknokom. 2020;3(1):7-15. doi:10.31943/teknokom.v3i1.43

Hertati, D. (2020). Model Implementasi sistem informasi pemerintahan desa berbasis web bagi pemerintahaN desa di Kabupaten Sidoarjo. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1), 55-62.

Mustanir, A. (2020). Implementasi E Government Pemerintahan Desa Dalam Administrasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Web Site Desa Kanie Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang).

Mauliza, M., Ula, M., Fitri, Z., Sakinah, T. R., & Zainal, M. R. (2022). Penyuluhan Pentingnya Status Gizi Anak Dan Stunting Di Desa Uteunkot Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 271-280.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.14428

Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 veri ilhadi, Cut Agusniar, Muthmainnah Muthmainnah, Asran Asran, Ezwarsyah Ezwarsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter