Peran Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Program Perilaku Hidup Sehat dan Bahaya Narkoba Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara

Mutammimul Ula, Syukriah Syukriah, Mauliza Mauliza, Burhanuddin Burhanuddin, Edi Yusuf

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini  untuk mengetahui perilaku hidup sehat dan bahaya narkoba adalah program penting yang bertujuan untuk mencegah kerusakan moral dan kematian yang disebabkan oleh narkoba, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Program pengabdian ini untuk mengetahui efektivitas dalam mencegah kecanduan narkoba dan mempromosikan perilaku hidup sehat. Metode pengabdian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Ini menunjukkan pentingnya pendekatan berbasis bukti dalam mengatasi masalah narkoba dan mempromosikan kesehatan di masyarakat. Salah satu program pengabdian yang dijalankan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat program pencegahan kecanduan narkoba. tujuan agar dapat mengetahui efektifitas program kampanye perilaku hidup sehat dan bahaya narkoba. Hasil pengabdian  dalam pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan program perilaku hidup sehat, bersih dan bahaya narkoba di Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu. Bentuk pengabdian perilaku hidup sehat dan bahaya Narkoba di Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara menunjukkan pelaksanaan program kampanye belum berjalan secara maksimal karena masih banyak target sasaran yang belum memahami kegiatan perilaku hidup sehat dan bahaya narkoba masih banyak yang belum menyadari terhadap kegiatan yang dilaksanakannya. Hasil pengabdian dalam perilaku hidup sehat dan bahaya narkoba menjadi target sasaran program kampanye anti narkoba melalui tahapan edukasi, dimana masyarakat hanya mengetahui isu yang dikampanyekan. Hasil pengabdian ini dilakukan untuk pemeriksaan diagnosis atau evaluasi yang dapat memberikan informasi dini untuk mencegah kehancuran kesehatan awal untuk mencegah bahaya narkoba bagi remaja. Tepatnya pada program peran teknologi sistem informasi dalam kampanye perilaku hidup sehat dan bahaya narkoba


Full Text:

PDF

References


ALFIATI, N. (2018). Analisis Implementasi Manajemen Kampanye dalam Kampanye Anti Narkoba pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau (BNNP Riau) Divisi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Seksi Pencegahan Tahun 2017.

Kulsum, N. M. (2020). Peran Komunikasi Pemasaran Sosial Didalam Merubah Perilaku Pengguna Narkoba Di Makassar. Jurnal Ilmu dan Budaya, 41(67).

Sefrika, M. Kampanye Pencegahan Narkoba di Kalangan Pelajar dengan menggunakan Animasi Interaktif.

Iskandar Anang. 2018. Penegakan Hukum Narkotika. Jakarta . PT Gramedia.

Moleong J. Lexy. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Morison Wardhani Andi. Hamid Farid. 2017. Teori komunikasi massa. Bogor. Ghalia Indonesia

Rosli Mohammad & Burhan Bungin. 2015. Audit Komunikasi: Pendekatan Dan Metode Asesmen sistem Informasi Komunikasi dalam Organisasi. Jakarta . Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Wresnewiro. 2015. Narkoba Musuh bangsa-bangsa. Jakarta.Yayasan Mitra Bintibmas.

Lukman, G. A., Alifah, A. P., Divarianti, A., & Humaedi, S. (2021). Kasus Narkoba Di Indonesia Dan Upaya Pencegahannya Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 405-417.

Nugroho, G. A. (2019). Efektivitas Media Sosial YouTube dalam Kampanye Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dalam Film Pendek Promosi Kampanye Kesehatan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)”.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.14427

Article Metrics

 Abstract Views : 69 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutammimul Ula, Syukriah Syukriah, Mauliza Mauliza, Burhanuddin Burhanuddin, Edi Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter