Pelatihan Pembuatan Kecap Dari Olahan Air Kelapa Di Dusun Glumpang Jaya Kabupaten Aceh Utara

Wiza Ulfa Fibarzi, Zulmiardi Zulmiardi, Meriatna Meriatna, Zuraida Zuraida, Suryati Suryati, Lukman Hakim

Abstract


Indonesia adalah negara yang kaya akan tanaman kelapa, tumbuh subur hampir di semua wilayah dari pesisir pantai sampai ke pedalaman. Dusun Glumpang Jaya Desa Glumpang Sulu Timu salah satu nya yang banyak terdapat tanaman pohon kelapa, dimana selama ini pemanfaatan buah kelapa sebahagian dijual dengan harga yang murah dan sebagian buah kelapa di Dusun Glumpang Jaya Desa Glumpang Sulu Timu hanya dimanfaatkan untuk dijadikan minyak dan tidak dimanfaatkan untuk olahan yang lain. Namun air kelapa masih banyak tidak dimanfaatkan. Pada daerah-daerah sentrum produksi kelapa dan industri pembuatan kopra atau minyak kelapa, umumnya air kelapa hanya dibuang sebagai limbah. Padahal, air kelapa tersebut sangat berpotensi untuk diolah menjadi agar-agar, nata de coco, dan kecap. Kecap dari air kelapa ini bahkan tidak kalah lezat dibandingkan dengan kecap-kecap komersial lainnya. Dari evaluasi Kegiatan yang sudah dilakukan hasilnya adalah berhasil dengan indikator masyarakat setempat sangat mendukung program ini dan sangat proaktif dalam meneruskannya, berkeiginan menyediakan lokasi pembuatan kecap secara berkelompok serta permintaan agar program ini berkelanjutan.  Sebelum adanya pengabdian  pembuatan kecap, masyarakat setempat tidak tau cara mengolah air kelapa  menjadi kecap, kemudian setelah adanya program ini, mitra sudah bisa memproduksi kecap  dari air buah kelapa yang tidak bernilai ekonomis mendjadi kecap yang bernilai ekonomi tinggi.

 


Keywords


Kecap, air kelapa, home industry, iptek

Full Text:

PDF

References


Hermanto, F. 1989. Ilmu Usahatani.Penebar Swadaya. Jakarta.

Ketaren, S., 1986, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta

M, R. Momon, I. Nuraeini,2002. Pemanfaatan Limbah Pertanian. Universitas Terbuka, Jakarta.

Pambayun, R, 2002. Teknologi Pengolahan Nata de coco. Kanisius, Yogyakarta.Rohaman, Palungkun R, 2006. Aneka Produk Olahan

Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahmanto, B dan Made Oka Adnyana, 1988. Potensi SUTPA dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Saing Komoditas Pangan di Jawa Tengah. Prosiding Ekonomi Pedesaan dan Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.

Agus. Sulaiman. 2012. Pembuatan kecap kedelai.

Ketaren, S. 1978. Daya Guna Kelapa. Departemen Teknologi Hasil Pertanian. FATEMETA, IPB. Bogor.

Kusumawardani, Wahyu . 2011. Pemanfaatan Air Kelapa sebagai Produk Olaha Kecap dengan Penambahan Bubuk Kedelai dan Bubuk Tempe. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

http://core.ac.uk/download/files/478/16508645.pdf di akses pada tanggal 18-012016

Totok. Hartoyo. 2004. Kecap dari air kelapa, trubus Agrissarana. Surabaya. www.sulsel.litbang.deptan.go.id. Diakses 21 Juni 2016.

Wijayanti, Fera. 2006. Pembuatan kecap manis dari air kelapa serta mempelajari karakterisasi fisik dan ph. {Skripsi}. Institut pertanian bogor : program studi fisika.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13641

Article Metrics

 Abstract Views : 115 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wiza Ulfa Fibarzi, Zulmiardi Zulmiardi, Zuraida Zuraida, Meriatna, Suryati, Lukman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter