Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Melalui Pembuatan Kerajinan Tangan Merajut Di Desa Hagu Barat Laut Kota Lhokseumawe

Zarkasyi Zarkasyi, Asrul Fahmi, Aflia Riski, Muhammad Fazil

Abstract


Pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi salah satu fondasi utama pembangunan desa. Kesadaran akan peran perempuan mulai tercermin dan berkembang melalui pendekatan yang diterapkan dalam program-program pembangunan. Hal ini dilandasi oleh gagasan kebutuhan perempuan akan kemandirian. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan dapat dicapai melalui pelatihan, pendampingan dan pengembangan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Hagu Barat Laut Kota Lhokseumawe ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pelatihan kerajinan tangan merajut kepada ibu-ibu PKK yang menjadi langkah positif untuk mendorong pengembangan produk rajutan yang memiliki potensi nilai jual tinggi. Dengan memperkenalkan berbagai inovasi produk rajutan, diharapkan dapat menciptakan sumber pendapatan tambahan bagi ibu-ibu setempat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu PKK dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam dalam mengembangkan keterampilan merajut mereka. Jika pembuatan kerajinan tangan produk rajut ini ditekuni maka dapat menjadi suatu usaha rumahan yang akan dapat membantu perekonomian keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan langsung melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pembuatan laporan. Diharapkan setiap peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa menghasilkan minimal satu produk rajut. Kemudian diberi sedikit arahan bagaimana cara mempromosikannya di media social. Pengaruh dan dampak pelatihan merajut ini secara keseluruhan dapat memberikan manfaat yang beragam, dari pengembangan keterampilan hingga peningkatan kesejahteraan sosial dan mental. Peserta pelatihan merajut dapat menciptakan barang-barang bernilai seperti konektor masker, bros dan barang lainnya yang dapat digunakan oleh mereka sendiri atau dapat dijual. Beberapa peserta dapat menjadikan keterampilan merajut sebagai sumber penghasilan tambahan atau bahkan memulai bisnis rajutan mereka sendiri. Pelaksanaan kegiatan keterampilan merajut berlangsung dengan sukses dan sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan. Peserta berhasil memahami materi yang diajarkan atau dipraktekkan oleh pembicara, dan mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi. Keikutsertaan ibu-ibu rumah tangga dalam program pelatihan merajut di Hagu Barat Laut, Kota Lhokseumawe, memberikan bukti nyata bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang besar. Tingginya semangat para ibu dalam mengikuti keterampilan merajut menunjukkan keinginan mereka untuk menciptakan karya-karya melalui keahlian merajut tersebut.

 

 

Kata kunci: Pemberdayaan, Perempuan, Kerajinan Tangan, Merajut


Keywords


Pemberdayaan, Perempuan, Kerajinan Tangan, Merajut

Full Text:

PDF

References


Andi Sylvana, I Bandong, Kusmaladewi, H. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Sepatu Rajut Pada Kelompok Wanita Tani “Bola Padang” Desa Bolli, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 141–147.

Fitria, F. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dengan Mengembangkan Kreativitas Kewirausahaan Melalui Pembuatan Lampion Dari Limbah Tas Rajut Di Desa Petangguhan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 4 Nomor 1 Desember 2019 e-ISSN: 2580 - 3069 dan p-ISSN: 2548-6349. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Giarti, Yanti, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ketrampilan Merajut Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Ibu-Ibu Pkk Desa Ngasem, Colomadu, Karanganyar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta Vol.01 No.1 Desember 2022..

Hayani, R. (2022). Peran Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ibu Rumah Tangga Melalui Industri Rajutan Di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.

Qorisya Fahzira, Tasya Arbayani, H. L. (2023). Pemberdayaan Generasi Milenial Melalui Kerajianan Tangan Merajut Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat e-ISSN : 2809-8676 Volume 01 Nomor 01 Tahun 2023. Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.

Santi, D. P. D., Setiyani, S., & Asnawati, S. (2021). Pemberdayaan Orang Tua Siswa Tk Annur Kabupaten Cirebon Melalui Keterampilan Rajut Tangan Dan Access Market. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3 No.2 Tahun 2020.

Tandos, S. & R. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Melalui Inovasi Pembuatan Kerajinan Tangan Rajut di Wilayah Kembangan Utara. Journal of Social Empowerment jse.stkippacitan.ac.id P-ISSN: 2503-5371 E-ISSN: 2809-6894 Volume: 07 nomor: 02 Tahun 2022. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13617

Article Metrics

 Abstract Views : 151 times
 PDF Downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zarkasyi - -, Asrul - Fahmi, Aflia - Riski, muhammad - Fazil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter