Peranan Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perkelahian Antar Remaja

Murtala murtala, Dwi Fitri, Risna Dewi, Muh Fahrudin Alawi, Sayed Fachrurrazi, Cut Dinda Avisha

Abstract


Perkelahian atau lazim dikenal dengan tawuran di Kota Lhokseumawe sudah sangat meresahkan. Setidaknya sudah beberapa kali terjadi di tahun 2023 ini tanpa sebab yang jelas, sehingga ketentraman kota menjadi terusik. Peran keluarga sangat sentral dalam pembentukan karakter anak. Komunikasi dalam keluarga yang baik merupakan salah satu kunci keharmonisan dalam berkeluarga sekaligus berpengaruh terhadap pembentukan dan perubahan perilaku, sikap, baik efek positif dan negative pada anak. Permasalahan yang muncul ke permukaan saat ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berkomunikasi intens dengan sesama anggota keluarga. Sehingga tak jarang anak mencari solusinya sendiri diluar rumah, dibandingkan solusi dari keluarganya dalam setiap permasalahan sosial yang dia hadapi. Ada banyak faktor yang menyebabkan generasi muda salah pergaulan atau perilaku negative lainnya, yaitu minimnya komunikasi dalam keluarga. Selain faktor kesibukan orangtua, hal ini juga bisa disebabkan oleh pengabaian oleh para orangtua akan pentingnya komunikasi dalam keluarga. Gampong Blang Pulo sebagai mitra dalam pengabdian ini merupakan salah satu kampung yang berada dalam  lingkar kampus Unimal  di  Blang Panyang.  Jaraknya  yang berada  dalam radius 100 meter dari kampus Unimal menjadikannya sebagai desa lingkungan yang perlu diperhatikan pembangunannya. Keberadaan remaja di kampung ini sangat variatif karena banyaknya pendatang; mahasiswa yang menuntut ilmu di Unimal memilih pemondokan di kampung ini. Masyarakat Blang Pulo berasal dari kelas menengah kebawah, berpendidikan rendah, akses jalan desa dan sanitasi yang belum memadai menandakan sikon kampung yang belum maju. Tingkat pendidikan, sosial ekonomi warganya yang belum memadai, kemudian menjadi salah satu pemicu tawuran remaja yang pernah terjadi dikampung ini. Pengabdian penyuluhan komunikasi keluarga kali ini merupakan sebuah wujud dari komunikasi interpersonal, yang menyasar para orangtua untuk melek akan pentingnya sebuah komunikasi efektif dalam keluarga dengan membantu memberikan motivasi lewat penyuluhan akan serta membantu  mencerdasi potensi konflik pada anak yang menyebabkan tawuran.

          Keyword:komunikasi keluarga, tawuran, konflik,


Keywords


komunikasi keluarga, tawuran, konflik,

Full Text:

PDF

References


Cahyana YA, Muchrodji, Bakrun M.1999. Jamur putih, Pembibitan, Pembudidayaan, Analisis Usaha. Bogor. PT Penebar Swadaya, Anggota IKAPI

Handayani R.S, Ismadi, Kasmiran A. 2019. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Jerami Fermentasi untuk Pakan Ternak Sapi di Kecamatan Muara Batu Aceh. Jurnal Baktimas 1(1) : 42-48.

Khaidir, Usnawiyah, Hendrival, Hafifah, Dewi ES, Yusuf MN, Wirda Z. 2021. Sorgum sebagai pangan alternatif dan sumber energi terbarukan untuk kemandirian pangan dan energy. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat V(2) : 151 – 160.

Kuo M. 2005. Pleurotus ostreatus: The oyster mushroom. [terhubung berkala] http://www.mushroomexpert.com/pleurotus_ostreatus.html [3 Mar 2013].

LPPM Unimal. 2020. Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh tahun 2020-2024. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unimal.

Nasution, J. 2016. Kandungan karbohidrat dan protein jamur putih putih (Pleurotus ostreatus) pada media tanam serbuk kayu kemiri (Aleurites moluccana) dan serbuk kayu campuran. Jurnal Eksakta 1: 38-41

Pradnyamitha. 2008. Jamur putih makanan para dewa. [terhubung berkala]

Pratiwi PS, Syammahfuz G, 2009. Usaha Jamur putih Skala Rumah Tangga, Penebar Swadaya. Jakarta

Sumarni. 2006. Botani dan Tinjauan Gizi Jamur putih Putih. Jurnal Inovasi Pertanian

(2):124-130.

Trubus. 2007. Pijakan anyar jamur putih. Jakarta: Trubus Swadaya. Hal. 21-27.

Widiastui H, Panji T. 2008. Pola aktivitas enzim ligninolitik Pleurotus ostreatus pada limbah sludge pabrik kertas. Menara Perkebunan 76(1): 47-60.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13581

Article Metrics

 Abstract Views : 170 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Murtala murtala, dwi fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter