Aplikasi Pembuatan Shampo Berbahan Dasar Minyak Kemiri Pada Pesantren Hidayatullah Nisam, Aceh Utara

Novi Sylvia, Rozanna Dewi, Sulhatun Sulhatun, Rizka Nurlaila, Meriatna Meriatna, Samsul Bahri

Abstract


Kemiri (Aleurites moluccana) merupakan potensi kekayaan hayati di Aceh Utara. Minyak kemiri adalah bahan organik yang berasal dari biji kemiri. Minyak kemiri mempunyai sifat mudah menguap dibandingkan dengan minyak lain. Minyak kemiri juga sering dimanfaatkan dalam industri sebagai shampo dan minyak rambut. Sejauh ini pemanfaatan kemiri di Aceh Utara hanya sebatas bumbu masak dan sebagai minyak rambut. Rambut adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit manusia. Rambut dikenal sebagai mahkota bagi kaum hawa dan tak dipungkiri juga bagi kaum adam, oleh karena itu ketika rambut menjadi rontok akan menjadi suatu masalah yang besar. Untuk mengatasi kerontokan rambut biasanya, minyak kemiri langsung digunakan pada kulit kepala. Namun pengabdian yang dilakukan ini bertujuan membuat shampo organik berbahan dasar kemiri untuk mengatasi kerontokan rambut. Pembuatan shampo ini dilaksanakan di pesantren Hidayatullah Nisam, sebagai wujud  kepedulian terhadap mutu pendidikan anak bangsa khususnya bagi santriwati Hidayatullah yang merupakan pesantren yatim yang berlokasi di kecamatan Nisam, Aceh Utara. Shampo ini dapat diimplementasikan oleh santriwati melalui pelatihan dan bimbingan serta dukungan menyiapkan peralatan untuk proses produksi shampo tersebut dari tim pengabdian masyarakat Universitas Malikussaleh.


Keywords


aplikasi, shampoo, minyak kemiri

Full Text:

PDF

References


Permono, Ajar. (2002). Membuat Sampo . Jakarta : Puspa Swara.

Tranggono, Retno I.S. (2011). Ilmu pengetahuan kosmetik. Jakarta: Gramedia Jakarta: Gramedia

Esse, I., dan Riwayani, R. (2021). Hair Balm Minyak Kemiri Dalam Mengurangi Rambut Rontok Hazelnut Oil Hair Balm In Reducing Hair Loss, Jurnal Teknologi, 16(1), 10–15.

Karbeka, M., dan Timung, A. P., (2020). Pelatihan Pembuatan Minyak Kemiri Bagi Kelompok Ibu-Ibu Pkk Desa Bouweli, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 426–431.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13238

Article Metrics

 Abstract Views : 244 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novi - Sylvia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter