Meningkatkan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Guru di SMA Negeri 1 Lhokseumawe
Abstract
Peningkatan penulisan karya tulis ilmiah guru dapat dilihat dari berapa banyaknya tulisan/karya yang dihasilkan yang sesuai kompetensi yang dimiliki. Guru tidak hanya mengajar siswa di kelas namun juga dituntut untuk dapat menuliskan gagasan atau ide yang dapat dituangkan dalam tulisan yang dipublish di buku maupun jurnal ilmiah baik itu terakreditasi nasional maupun internasional. Salah satu ragam Dewasa ini kompetensi seseorang bisa dilihat dari berapa banyaknya tulisan yang dia buat sesuai kompetensi yang dimiliki. Tujuan pengabdian ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis dan pengembangan profesi guru yang dipublish di buku maupun jurnal ilmiah baik itu terakreditasi nasional maupun internasional. Metode pelaksanaan pengabdian ini dengan menggunakan library research. Dengan adanya pelaksaan pengabdian ini dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran dalam mengajar dengan siswa dikelas. selanjutnya publikasi ilmiah bagi guru sebagai prasyarat dalam kenaikan pangkat dan jabatan sehingga memberikan motivasi yang lebih kepada guru untuk dapat membuat karya ilmiah yang lebih berkualitas. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini Dapat menjadi acuan dalam membuat publikasi guru dan dapat menjadi salah satu syarat kenaikan pangkat dan jabatan guru. Eksistensi kompetensi guru bersangkutan dan juga mengembangkan dan menyebarluaskan keilmuan. Kemudian dengan adanya pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru dapat meningkatkan publikasi imiah bagi guru-guru tersebut. Kegiatan ini dapat membantu peserta guru dalam menyusun dan memperbaiki kerangka artikel yang telah dibuat sebelumnya sehingga telah disertakan materi dan wawasan secara teknis maupun teoretis mengenai cara menulis jurnal yang akan diterbitkan jurnal nasional akreditasi.
Full Text:
PDFReferences
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.
Hakim, A. R., Hadi, Y. A., & Husni, M. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Populika, 2(1), 1-6.
Khoiri, A., Marwiati, M., Affandi, A., Mutmainah, K., & Khanifa, N. K. (2022). Pendampingan Publikasi Ilmiah Guru Sma N 1 Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 57-64.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.
Saputro, I. H., Fatimah, N., & Alam, U. M. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Mendorong Produktivitas Guru. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 127–130. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29721
Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sma Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243
Sari, I. N., Matsun, M., Pramuda, A., Anita, A., Sukadi, E., Boisandi, B., ... & Assegaf, S. L. H. (2022). Pendampingan Pembuatan Artikel Ilmiah bagi Guru SMA Negeri 1 Selakau. Surya Abdimas, 6(4), 718-724.
Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.12357
Article Metrics
Abstract Views : 200 timesPDF Downloaded : 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 mutammimul ula, Badriana Badriana, Rozzi Kesuma Dinata, Andik Bintoro, Wahyu Fuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141