IMPLIMENTASI KEGIATAN LITERASI DIGITAL: PENDAMPINGAN KEGIATAN MEMBACA DI SDN NGLUMBER II KEPOHBARU BOJONEGORO

Cholid Fadil

Abstract


Tujuan dari Pengabdian Masyarakat berbasis Literasi Digital ini dilakukan untuk membantu menanamkan budaya literasi digital dan memberikan edukasi kepada para dewan guru serta para staff SDN Nglumber II menjadi sekolah yang adaptif dengan tanpa meninggalkan pentingnya budaya literasi. Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan secara luring dan secara langsung berinteraksi dengan para dewan guru SDN Nglumber II. Pada kegiatan ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pembelajaran dan tahap pengembangan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pemberian edukasi berupa pemberian materi dan FGD terkait Literasi Digital. Untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat terkait materi yang diberikan dilakukan pembagian kuisioner yang wajib diisi oleh peserta sebelum pemberian materi (pre-test) dan setelah pemberian materi (pre-test). Berdasarkan hasil yang didapatkan terlihat bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru dewan guru SDN Nglumber II terkait literasi digital.


Keywords


SDN Nglumber 11, dewan guru, literasi digital.

Full Text:

PDF

References


Kemdikbud. (2017).Kilasan Gerakan Literasi Nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/.

Diakses pada 26 Agustus 2022.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Diakses pada 27 Agustus 2022.

Universitas Medan Area. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat,Jenis dan Prinsip. https://barki.uma.ac.id/2021/12/08/pengertian-literasi- menurut-para- ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/. Diakses pada 27 Agustus 2022.

Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk- mengenal-6-literasi- dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki. Diakses pada 28 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.10805

Article Metrics

 Abstract Views : 110 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cholid Fadil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter