Advokasi Keluarga Rentan Tentang Pentinya ASI Eksklusif guna Peningkatan Kualitas Generasi Muda Indonesia

Cindenia Puspasari, Cut Andyna, Ainol Mardhiah, Ade Muana Husniati, Anismar Anismar, Mukhlis Mukhlis

Abstract


Advokasi merupakan bentuk komunikasi persuasive guna mempengaruhi kepentingan dalam pengambilan keputusan. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk advokasi, khususnya advokasi pada keluarga rentan yang sangatlah diperlukan, agar dengan semakin banyak yang harus dipahami dan semakin banyak yang harus diketahui, maka akan semakin banyak yang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Proses advokasi dalam penyampaian informasi edukasi tentang pentingnya ASI eksklusif turut memegang peran penting dalam peningkatan kualitas generasi muda saat ini. Hal ini dimulai dari pertahanan tubuh bayi baru lahir yang dapat diperoleh dari kolostrum yang terkandung dalam ASI, sehingga pemberian ASI pada bayi akan maksimal bila diberikan secara eksklusif. Kurangnya tingkat kesadaran pemberian ASI Eksklusif disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi pemberian ASI, diantaranya peran petugas kesehatan, adanya iklan susu formula, dan khususnya dukungan keluarga (suami dan orang tua). Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk pendukung Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicanangkan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Manfaat dari adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada keluarga rentan ini yaitu guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya peningkatan dan pengembangan kualitas pemberian ASI Eksklusif, sehingga terciptanya generasi bangsa yang unggul yang dapat mengurangi dampak kekurangan gizi dimasa depan. Maka kegiatan ini penting untuk dijalankan secara continue dan terus digalakkan. Pelaksanaannya meliputi: (1)Kegiatan penyebaran brosur Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagai visi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (2) Kegiatan advokasi keluarga rentan tentang pentingnya ASI Eksklusif, khususnya pada keluarga rentan yang berada di Ujung Blang, Kota Lhokseumawe

Keywords


advokasi ASI Eksklusif, kualitas generasi muda, keluarga rentan di Ujung Blang, Kota Lhokseumawe

Full Text:

PDF

References


Aninomous, 2022. Sustainable Developmet Goals Indonesia. Diakses di https://www.sdg2030indonesia.org/page/11-tujuan-tiga. Pada tanggal 28 Juli 2022.

Aninomous, 2021. Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2021.

Andyna, Cut. 2022. Fenomena Budaya Masyarakat Aceh Terhadap Perilaku Pemberian ASI Eksklusif. Aceh Anthropological Journal. Vol 6, No. 1 (2022): 46.

Depkes RI, 2005. Manajemen Laktasi; Buku Panduan Bagi Bidan dan Petugas Kesehatan di Puskesmas. Direktorat Gizi Masyarakat. Jakarta: Depkes RI

Sinubawardhani, T. 2015. Hubungan antara Pengetahuan dan Peran Ayah dalam Pemberian ASI Eksklusif di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Suradi, R. 2004. Manajemen Laktasi. Jakarta: Perkumpulan Perinatologi Indonesia.

Widiati, D. 30 juni 2022. Kemenkes Adakan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022. Ed. Fachrudiin Ali. Humas BKPK. Diakses di http://www.badankebijakan.kemkes.go.id/kemenkes-adakan-survei-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2022/ . Pada tanggal 1 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.10751

Article Metrics

 Abstract Views : 497 times
 PDF Downloaded : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cut Andyna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter